Klarifikasi Roy Suryo Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

  • 15 Juni 2022 13:10:44
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo tengah menjadi sorotan warganet. Sebab, ia sempat menggunggah foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter pribadinya, yakni @KRMTRoySuryo2.

Foto tersebut dibarengi pula dengan caption yang menyatakan 'Pantas Saja Tiketnya Mahal Ternyata Opung Sudah Buat Patung I Gede Utange Jokowi Untuk Tambahan Dana Bangun IKN'.

Sontak, cuitan Roy Suryo itu ramai diperbincangkan warganet, karena dianggap mengejek Presiden Joko Widodo. Menjawab hal tersebut, Roy Suryo menjelaskan bukan dirinya yang membuat gambar atau meme di Candi Borobudur tersebut.

Ia pun menyebut dirinya telah menghapus cuitan itu dan menyebut kedua unggahannya sudah di-posting lebih dulu di akun lain, sehingga bukan dirinya yang membuat meme tersebut.

Agar tidak ada yang memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' karena ketidakpahamannya. Maka postingan tsb saya drop, case close. Jelas-jelas sudah ada dua akun asli penggunggah sebelumnya, tulis Roy Suryo melalui akun Twitternya.

Lebih lanjut ia pun memberikan kronologi munculnya meme tersebut. Ia menjelaskan beberapa akun yang lebih dulu mengunggah meme tersebut di internet.

Meme pertama diuggah @IrutPagut 07/06/22 09.36, diunggah kembali @NewOpang 09/06/22 08.05, meme satunya diunggah @fly_free_DIY 10/06/22 17.25. URL lengkap ada di twit sblmnya, tulis Roy menjelaskan.

Meski Roy Suryo sudah menjelaskan tidak bermaksud menghina Presiden Jokowi, dirinya tetap menjadi sasaran para warganet. Bahkan, tagar #TangkapRoySuryo sempat menjadi Trending Topic di Indonesia, Rabu (15/6/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Polda Metro Jaya menolak laporan Roy Suryo mengenai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait pernyataan pengeras suara masjid yang disamakan dengan gonggongan anjing.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4987004/klarifikasi-roy-suryo-unggah-foto-stupa-candi-borobudur-mirip-jokowi

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4987004/klarifikasi-roy-suryo-unggah-foto-stupa-candi-borobudur-mirip-jokowi
Tokoh









Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, joko widodo, Roy Suryo, Yaqut Cholil Qoumas,
companies ADA, Dana, Twitter, WhatsApp,
ministries Kemenag, Polda Metro Jaya,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
animals Anjing,