24 Negara Mulai Stop Ekspor Pangan, Kemenko: Kita Harus Hati-hati

  • 15 Juni 2022 13:08:15
  • Views: 7

IDXChannel - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Ekonomi) mengingatkan adanya potensi tekanan ekonomi dan pangan akibat kondisi dunia yang semakin tak pasti. 

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Perekonomian dan Keuangan Kemenko Ekonomi Iskandar Simorangkir, per Juni ini sebanyak 24 negara mulai melarang atau menghentikan kegiatan ekspor pangan. Kondisi ini akan memperburuk kondisi ekonomi dunia, dimana tekanan harga pangan dan energi semakin tinggi. 

Per Juni ini, 24 negara melarang ekspor pangan. Ini harus sikapi secara hati-hati, jelas Iskandar Rabu (1/6/2022).

Menurut dia, tekanan ekonomi dunia akibat pangan dan energi hingga saat ini terus meningkat. Kepastian ekonomi global akan sangat sulit ditebak dan tantangan akan sangat berat. Apalagi setelah dua tahun pandemi, ada masalah suplai akibat demand yang sangat meningkat. 

Makanya harga pangan dan energi meningkat, karena adanya disrupsi ekonomi. Demand bergerak cepat, tapi suplai bergerak lambat. Diperparah lagi dengan invasi Rusia ke Ukraina sehingga pasokan terganggu. Tidak tahu ini sampai kapan, jelas dia. 

Melihat kondisi ini, Indonesia harus bisa menolong diri sendiri. Caranya mengurangi tekanan terhadap USD. Selain tingkatkan ekspor dengan perkuat hilirisasi. Pengurangan tekanan USD juga bisa dilakukan dengan stabilisasi nilai tukar melalui penggunaan local currency settlement (LCS). 

Berbagai ancaman itu salah satunya bisa ditekan dengan stabilitas nilai tukar dengan menggunakan LCS. Harapan LCS dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk perekonomian kita, imbuhnya. 

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/24-negara-mulai-stop-ekspor-pangan-kemenko-kita-harus-hati-hati

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/24-negara-mulai-stop-ekspor-pangan-kemenko-kita-harus-hati-hati
Tokoh



Graph

Extracted

persons Iskandar Simorangkir,
companies ADA, MNC,
topics ekspor, LCS,
products sembako,
nations Indonesia, Rusia, Ukraina,