221 Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Terpapar PMK, Tersebar di 13 Kecamatan

  • 15 Juni 2022 12:17:48
  • Views: 14

TANGERANG, iNews.id - Ratusan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba di wilayah Kabupaten Tangerang, Banten terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Jumlah itu tersebar di 13 kecamatan.

Tercatat per tanggal 13 Juni 2022 total ada sebanyak 221 ekor hewan ternak tertular PMK dan 692 ekor lainnya suspek, kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Asep Jatnika, Rabu (15/6/2022). 

Asep mengatakan pihaknya terus melakukan langkah-langkah penanganan. Dia menjelaskan penambahan kasus PMK pada hewan ternak ini diketahui setelah pihaknya melakukan pemeriksaan secara intens ke sejumlah peternak dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang. 

Untuk hewan ternak yang berstatus suspek tersebar merata mulai dari sapi, kerbau, domba, dan kambing. Dia menjelaskan tingkat penularan PMK begitu cepat sehingga harus segera ditangani.

Hingga kini, lanjut Asep, upaya yang dilakukan oleh satgas pengendalian dan penanganan penyakit setempat langsung melakukan pemberian antipiretik, multi vitamin, dan antibiotik.

Tentunya kita hanya melakukan pencegahan dengan melakukan pengobatan dan penyemprotan disinfektan ke kandang-kandang peternak itu, supaya PMK ini tidak menyebar lebih luas lagi, ujarnya. 

Dia berharap seluruh peternak dan pedagang ketika mendatangkan hewan ternak baru yang berasal dari luar daerah agar dipisahkan terlebih dahulu selama 14 hari. Hal tersebut untuk memastikan kondisi hewan itu dalam keadaan sehat. 

Dipastikan para peternak bisa menjaga sterilisasi kebersihan kandang hewan masing-masing. Karena dengan upaya itu bisa menghindari penularan PMK, tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:




https://www.inews.id/news/megapolitan/221-hewan-ternak-di-kabupaten-tangerang-terpapar-pmk-tersebar-di-13-kecamatan

Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/221-hewan-ternak-di-kabupaten-tangerang-terpapar-pmk-tersebar-di-13-kecamatan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Facebook, WhatsApp,
products disinfektan, vitamin,
places BANTEN,
cities Tangerang,
animals Domba, Kambing, Sapi,