Seniman Magelang Dukung Naik Stupa Candi Borobudur Ditutup

  • 15 Juni 2022 12:09:24
  • Views: 11

Magelang: Para seniman yang tinggal di sekitar Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah berharap kelestarian candi terjaga meski ramai dikunjungi wisatawan. Menikmati kemegahan Candi Borobudur tak perlu menaiki arca dan stupa.
 
Salah satu seniman lukis yang sehari-hari mengandalkan pariwisata Candi Borobudur, Eastingmedi mengatakan, kemegahan Candi Borobudur bisa dinikmati dari bawah. Menurut dia, pengunjung cukup menikmati Candi Borobudur dari pelataranya saja.
 
Bisa juga dengan berkunjung ke Museum Karma Wibangga, Museum Samudra Raksa atau tempat-tempat potensi yang ada di sekitaran kawasan Candi Borobudur,katanya, Rabu, 15 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penaikan Tarif Masuk Candi Borobudur Batal! Masih Rp50 Ribu/Orang
 
Selain itu, kunjungan wisata bisa dilanjutkan ke lingkungan pedesaan sekitar candi. Dengan adanya kemegahan Candi Borobudur atmosfernya tentu akan berbeda jika melihat dari kejauhan.
 
Candi Borobudur, katanya, akan lebih indah dilihat dari jauh. Misalnya dari sisi Selatan, maka akan tampak bukan hanya candi, tapi ada juga ada pemandangan, pepohonan, kabut atau awan, dan gunung yang mengaggumkan.
 
Saya berharap Candi borobudur dikembalikan ke fungsi awal zaman dahulu. Jadi pengunjung datang bukan sekedar untuk wisata naik candi seperti naik gunung,katanya. 
 

(WHS)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/aNrvnegN-seniman-magelang-dukung-naik-stupa-candi-borobudur-ditutup

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/aNrvnegN-seniman-magelang-dukung-naik-stupa-candi-borobudur-ditutup
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
fasums Borobudur, museum, Museum Samudra Raksa,
places JAWA TENGAH,
cities Gunung, Magelang,