Perjalanan Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, Jokowi Rombak Anies Baswedan sampai Rizal Ramli

  • 15 Juni 2022 10:36:32
  • Views: 6

PIKIRAN RAKYAT - Sebelum isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju 15 Juni 2022 mencuat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melakukan perombakan sampai lima kali.

Sri Mulyani, Anies Baswedan, Rizal Ramli, dan sejumlah nama lain masuk daftar perombakan

Berikut perjalanan reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Jokowi sejak periode pertama kepresidenan:

Baca Juga: Rumahnya Dikepung Polisi, Nikita Mirzani Ingin Viralkan Melalui Siaran Langsung

  1. Rabu, 27 Juli 2016

Pada reshuffle kabinet kedua itu Jokowi melakukan perombakan besar-besaran, yakni 13 posisi menteri. Sri Mulyani, yang ketika itu sedang menjabat sebagai Direktur Bank Dunia, diangkat menjadi Menteri Keuangan.

Jokowi lantas mengangkat Muhadjir Effendy untuk menggantikan Anies Baswedan dari posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Rabu, 12 Agustus 2015 

Reshuffle kabinet yang pertama kali dilakukan Jokowi, Rabu, 12 Agustus 2015 Jokowi mengganti enam posisi menteri, yakni Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menko Polhukam), Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Darmin Nasution menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

Baca Juga: Rumor BTS Hiatus Dibantah HYBE, Rencana Proyek Solo Para Personel Terungkap

  1. Rabu, 17 Januari 2018

Saat itu Jokowi mengangkat Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mengundurkan diri karena maju dalam Pilkada Jawa Timur. 

Jokowi juga mengangkat Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko menjadi Kepala Staf


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014741736/perjalanan-reshuffle-kabinet-indonesia-maju-jokowi-rombak-anies-baswedan-sampai-rizal-ramli

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014741736/perjalanan-reshuffle-kabinet-indonesia-maju-jokowi-rombak-anies-baswedan-sampai-rizal-ramli
Tokoh





















Graph