Wacana Kenaikan Tiket Borobudur, Diumumkan Luhut Dibatalkan Jokowi

  • 15 Juni 2022 09:10:24
  • Views: 12

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memutuskan, harga tiket naik ke Candi Borobudur tidak naik. Dengan keputusan ini, rencana harga tiket Borobudur sebesar Rp 750 ribu untuk turis lokal dan 100 dolar AS untuk turis mancanegara sebagaimana disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, batal.

Kabar pembatalan rencana kenaikan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai Rapat Kabinet Terbatas dengan Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6). “Keputusan Presiden adalah membatalkan rencana kenaikan dari tarif untuk menaiki bangunan Candi Borobudur menuju stupa, ujar Sandi.

Berita Terkait : Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Ditunda, Haerul Amri: Ke Depan, Undang Pihak Terkait Duduk Bersama

Sandi melanjutkan, dalam rapat, Jokowi menyampaikan bahwa pelestarian cagar budaya Candi Borobudur merupakan prioritas utama. Prioritas itu beriringan bersama dengan pemulihan ekonomi, khususnya pemberdayaan masyarakat ekonomi bawah atau UMKM di sekitar Borobudur. Kenaikan harga tiket bisa membuat pengunjung Borobudur sepi dan tentunya berimbas kepada para UMKM di sekitarnya.

Saat ini, ekonomi masyarakat yang masih dalam taraf pemulihan. Kita turut berempati, kita turut memastikan bahwa Borobudur ini menjadi satu icon kebudayaan pariwisata sebuah situs kelas dunia, dan ini tentunya harus memiliki wajah baru, harus terintegrasi, dan disiapkan pengelolaannya, manajemennya baik dari infrastruktur maupun SDM-nya, kata Sandi.

Berita Terkait : Saatnya Hentikan Korupsi Di Daerah

Kawasan yang terintegrasi ini, lanjut Sandi, tentunya harus berpihak kepada pariwisata yang berkualitas berbasis komunitas masyarakat, pariwisata yang berkelanjutan, dan juga pariwisata hijau (green tourism).

Bapak Presiden menyampaikan juga bahwa kaidah kelestarian ini harus diutamakan sehingga nanti setelah kita mendapatkan masukan dari para ahli dari para arkeolog, ahli konservasi, maka jumlah wisatawan yang dibatasi untuk menaiki bangunan dari Candi Borobudur ini tentunya meliputi tiga hal, yaitu wisata edukasi, wisata penelitian, wisata konservasi atau spiritual, dan juga untuk tamu-tamu negara, jelas Sandi.

Berita Terkait : Kenaikan Tarif Masuk Candi Borobudur Jangan Cuma Ditunda, Dibatalkan Saja

Dengan keputusan ini, tiket naik ke Borobudur tidak ada perubahan, yaitu tetap Rp 50 ribu. Sedangkan untuk jumlah wisatawan yang dibolehkan naik ke Candi Borobudur, sedang dikaji sekitar 1.200 orang per hari.■


https://rm.id/baca-berita/government-action/128477/wacana-kenaikan-tiket-borobudur-diumumkan-luhut-dibatalkan-jokowi
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/government-action/128477/wacana-kenaikan-tiket-borobudur-diumumkan-luhut-dibatalkan-jokowi
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Luhut Binsar Panjaitan, Sandiaga Uno,
companies ADA,
ministries kemenparekraf,
fasums Borobudur,
products dolar AS, UMKM,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,