Legislator: Pemeliharaan Candi Borobudur Butuh Langkah Nyata

  • 15 Juni 2022 08:42:40
  • Views: 13

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyatakan, tidak ada jaminan bila dipasang tarif yang tinggi menurunkan ancaman kerusakan Candi Borobudur. Menurut Huda, upaya pemeliharaan Candi Borobudur membutuhkan langkah nyata dengan strategi yang komprehensif.

Mengingat, usia bangunan yang mencapai ribuan tahun dengan tingkat kunjungan yang begitu tinggi harus disikapi dengan kebijakan tegas. 

Namun, kami tentu sangat mengapresiasi langkah tegas Presiden Jokowi yang membatalkan wacana tarif naik Candi Borobudur, kata Huda kepada wartawan, Rabu (15/6/2022). 

Kami yakin ada banyak cara untuk menjaga kelestarian candi alih-alih memasang tarif tinggi bagi wisatawan yang ingin naik ke Stupa Borobudur, tambahnya. 

Politikus PKB ini menegaskan, kebijakan pengenaan tarif sebesar Rp750.000 bagi wisatawan lokal dan USD100 bagi wisatawan asing untuk naik Candi Borobudur justru akan menciptakan diskriminasi sosial. 

Bahkan, terang Huda, bagi umat Budha kebijakan tarif tinggi tersebut akan mengancam kebebasan mereka untuk menjalankan ibadah di Kawasan Candi Borobudur. 

Maka keputusan Presiden Jokowi untuk membatalkan wacana tarif untuk naik Candi Borobudur dengan aspirasi mayoritas masyarakat, pungkasnya.


https://rri.co.id/nasional/politik/1494449/legislator-pemeliharaan-candi-borobudur-butuh-langkah-nyata?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/politik/1494449/legislator-pemeliharaan-candi-borobudur-butuh-langkah-nyata?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Syaiful Huda,
companies ADA,
ministries DPR RI,
religions Budha,
parties PKB,
fasums Borobudur,
places DKI Jakarta,