Tiket Candi Borobudur Batal Naik, Sandiaga Uno Bilang Begini

  • 15 Juni 2022 06:59:11
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membatalkan kenaikan harga tiket Candi Borobudur Rp 750 ribu. Hal ini usai rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur menjadi polemik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, adanya pembatalan kenaikan tarif tiket menuju stupa Candi Borobudur diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata.

Apalagi jika pembangunan infrastruktur di kawasan Borobudur telah selesai. Dia optimis destinasi wisata di Jawa Tengah ini akan dikunjungi 20 juta wisatawan.

Dengan selesainya pembangunan infrastruktur diharapkan Borobudur bisa menarik 5-10 juta di awalnya sampai 20 juta pengunjung. Karena itu tentunya kita pastikan bahwa sistem pengelolaan wisatawan ini diprioritaskan, kata Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Sandiaga Uno pun menjelaskan, pemerintah tengah merancang wajah baru pariwisata di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Salah satu yang tengah digarap yakni menyiapkan desa wisata dengan konsep Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Rencananya akan ada 50 desa wisata yang dikembangkan di sekitar destinasi wisata super prioritas Candi Borobudur. Sandiaga optimis konsep baru ini akan menarik kedatangan turis lokal maupun mancanegara setelah melihat perayaan Hari Raya Waisak beberapa waktu lalu.

Saat Waisak juga kita melihat bahwa seluruh kehidupan di destinasi super prioritas Borobudur ini kembali menggeliat, banyak terbuka peluang usaha dan lapangan kerja, kata Sandiaga.

Sandiaga memastikan pihaknya akan mengedepankan zona ekowisata atau wisata berbasis lingkungan. Nantinya di luar badan otorita Borobudur pada zona satu dan dua akan disiapkan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik, bus listrik, cable car.

Hal ini dilakukan demi mewujudkan keberlanjutan dan ekonomi hijau. Mengingat konsep Balkondes disiapkan sebagai wadah ekonomi kreatif setempat yang bisa meningkatkan penjualannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pemerintah sedang berancang-ancang menarik tarif tiket masuk Candi Borobudur, yang merupakan salah satu warisan budaya dunia lebih tinggi dari sebelumnya.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4986727/tiket-candi-borobudur-batal-naik-sandiaga-uno-bilang-begini

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4986727/tiket-candi-borobudur-batal-naik-sandiaga-uno-bilang-begini
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Sandiaga Uno,
companies ADA, WhatsApp,
ministries kemenparekraf,
topics Listrik,
fasums Borobudur,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
transportations mobil listrik,