Kaesang Mau Jadi Ketua PSSI, Pengamat Ingatkan 4 Hal Ini

  • 14 Juni 2022 21:59:35
  • Views: 6

JAKARTA - Pengamat sepak bola nasional, Yusuf Kurniawan menilai munculnya nama Kaesang Pangarep dalam bursa calon Ketua Umum PSSI sebagai gairah baru.

Pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 akan berlangsung pada 2023, tetapi bursa calonnya mulai ramai dan salah satunya Kaesang Pangarep.

Kaesang didorong-dorong oleh warganet atau netizen untuk memperbaiki PSSI. Sosok muda dianggap tepat untuk mengembangkan PSSI yang hingga kini belum punya infrastruktur sendiri.

PSSI tak punya kantor sendiri, juga tak punya lapangan latihan atau training center. Hal-hal ini semacam ini tak bisa dibiarkan, sehingga butuh sosok yang berani dan punya kapabilitas.

Pengamat sepak bola nasional, Yusuf Kurniawan menilai munculnya nama Kaesang dalam bursa calon Ketua PSSI sebagai gairah baru. Tahun ini dianggap pas untuk memulai penjajakan. Dengan munculnya nama Kaesang, ini sebetulnya pesan yang bagus untuk komunitas sepak bola. Bahwa kita perlu tokoh-tokoh muda yang segar, progresif, dan visioner serta berbasis pengusaha, kata Yusuf.

Dalam pandangan pengamat yang biasa disapa Yuke ini, ada empat hal utama yang perlu diperhatikan dalam mencari calon Ketua Umum PSSI yang baru. Hal ini sudah sangat mendesak kebutuhannya.

Pertama sosok yang bisa merealisasikan pembangunan infrastruktur milik sendiri. Punya lapangan sendiri, kantor sendiri, dan perangkat teknologi sains pendukung lainnya, ucapnya.

Kedua sosok yang mewakili generasi muda yang mengerti kebutuhan sepak bola di masa mendatang. Bisa menjawab tantangan zaman, ujar pria yang aktif di pembinaan sepak bola usia muda ini.

Kategori sosok yang ketiga adalah pengusaha mapan yang punya jaringan bisnis di segala ini. Ini untuk memenuhi kebutuhan sepak bola sehingga tak tergantung dari dana pemerintah. Terakhir, sosok ideal yang dianggap sangat dibutuhkan PSSI saat ini adalah tokoh yang tidak punya rekam jejak negatif. Rekam jejak ini sangat penting agar kemudian tak ada stigma lagi.

Yang terjadi selama ini, peran petinggi PSSI mendapat stigma sebagai orang-orang yang mencari duit di PSSI. Ini karena sepak bola menjadi olahraga lahan basah dengan jumlah fans paling tinggi.

Kongres pemilihan PSSI 2023-2027 kemungkinan berlangsung pada akhir 2023. Komite Pemilihan biasanya akan ditetapkan dalam kongres tahunan PSSI yang berlangsung pada awal bulan.***


https://www.goriau.com/berita/baca/kaesang-mau-jadi-ketua-pssi-pengamat-ingatkan-4-hal-ini.html

Sumber: https://www.goriau.com/berita/baca/kaesang-mau-jadi-ketua-pssi-pengamat-ingatkan-4-hal-ini.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kaesang Pangarep,
companies ADA, Dana,
ministries PSSI,
places DKI Jakarta,