Nyeri Perut Bawah pada Ibu Hamil, Apa Penyebab dan Kapan Harus Periksa?

  • 14 Juni 2022 21:57:22
  • Views: 3

KOMPAS.com - Nyeri ligamen bundar merupakan rasa sakit dengan sensasi menusuk yang dirasakan ibu hamil pada perut bagian bawah atau daerah selangkangan.

Nyeri ligamen bundar atau juga dikenal sebagai nyeri perut bawah, sering dirasakan seorang wanita pada trimester kedua kehamilan.

Melansir WebMD, nyeri ligamen bundar merupakan keluhan umum dan dianggap sebagai hal wajar yang dialami oleh ibu hamil.

Baca juga: Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Penyebab nyeri ligamen bundar

Ligamen bundar adalah sepasang ligamen di panggul Anda yang menahan rahim Anda pada posisinya.

Kehamilan dapat menyebabkan ligamen ini menjadi panjang dan kencang. Pertumbuhan janin yang membuat perut membesar juga mengakibatkan ketegangan pada ligamen.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan ligamen Anda mengencang terlalu cepat dan menarik serabut saraf. Hal ini memicu rasa sakit atau nyeri yang menusuk.

Gejala nyeri ligamen bundar

Nyeri ligamen bundar bisa mengkhawatirkan dan tidak nyaman. Tapi itu dianggap normal karena tubuh Anda berubah selama kehamilan.

Gejala nyeri ligamen bundar yang paling mudah dikenali adalah kejang tiba-tiba yang intens di perut atau area pinggul Anda. Rasa sakit biasanya terjadi di sisi kanan.

Namun, pada beberapa kasus, ibu hamil mengalami nyeri ligamen bundar di kedua sisi.

Dilansir dari Healthline, kabar baiknya adalah nyeri ligamen bundar hanya bersifat sementara, namun aktivitas dan gerakan tertentu dapat menyebabkan nyeri tersebut muncul kembali.


https://health.kompas.com/read/2022/06/14/160000668/nyeri-perut-bawah-pada-ibu-hamil-apa-penyebab-dan-kapan-harus-periksa-
 

Sumber: https://health.kompas.com/read/2022/06/14/160000668/nyeri-perut-bawah-pada-ibu-hamil-apa-penyebab-dan-kapan-harus-periksa-
Tokoh

Graph

Extracted