Harga Jual Tinggi, Penyaluran Kredit Kendaraan Listrik Masih Rendah

  • 14 Juni 2022 18:10:47
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) menyatakan, sudah mulai membiayai motor listrik sejak berapa tahun lalu, tapi jumlah pembiayaannya belum besar. 

Hingga Mei 2022, Adira Finance telah membiayai produk ramah lingkungan yaitu pembiayaan sepeda motor listrik sekira Rp 769 juta. 

Mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 408 juta, ujar Direktur Portofolio Adira Dinamika Multi Finance Harry Latif kepada Tribunnews.com, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Nio Ciptakan Baterai Listrik Bertegangan 800 Volt Demi Capai Profitabilitas di Industri Otomotif

Dia mengungkapkan, kendaraan listrik masih memiliki proporsi yang masih kecil bila dibanding total sepeda motor baru di Adira Finance. 

Hanya tercatat kurang dari 1 persen. Adapun merek sepeda motor yang dibiayai Adira Finance adalah Gesit, Viar, United, Elvindo, Selis, Volta, dan Niu, kata Harry. 

Kendati demikian, penjualan kendaraan listrik di Indonesia masih belum besar, bila dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar. 

Kendala yang dihadapi antara lain produsen otomotif besar belum mengeluarkan produk kendaraan listrik dan masih tinggi harganya. 

Kemudian, infrastruktur pengisian baterai masih terbatas dan belum merata di Indonesia, serta mahalnya bahan baku baterai seperti nikel, litihum, dan lainnya. 

Dengan demikian, Harry menjelaskan, bahwa harga kendaraan listrik sangat sensitif terhadap kenaikan harga komoditas.

Baca juga: Adira Incar Pembiayaan Baru Rp 90 Miliar di Penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta 2022

Namun ke depan, diharapkan masyarakat dapat menyadari pentingnya 'green living' dan pemerintah mulai membangun infrastruktur pos-pos pengisian baterai, sehingga secara perlahan dapat mendorong penjualan kendaraan listrik

Di sisi lain, Harry menambahkan, rata-rata konsumen yang membeli kendaraan listrik sejauh ini adalah kalangan menengah ke atas. 

Di mana mayoritas konsumen melakukan pembelian secara tunai atau cash, pungkasnya.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/06/14/harga-jual-tinggi-penyaluran-kredit-kendaraan-listrik-masih-rendah

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/06/14/harga-jual-tinggi-penyaluran-kredit-kendaraan-listrik-masih-rendah
Tokoh

Graph

Extracted

topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
transportations sepeda, Sepeda Motor Listrik,