Buruh Bakal Demo 15 Juni, Ini Tuntutannya!

  • 14 Juni 2022 16:47:44
  • Views: 8

AKURAT.CO, Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan puluhan ribu buruh akan melakukan aksi serentak di berbagai wilayan Indonesia pada Rabu (15/6/2022).

Menurut Said Iqbal, aksi akan dilakukan di kota-kota industri seperti Bandung, Makasar, Banjamasin, Banda Aceh, Medan, Batam, Semarang, Surabaya, Ternate, Ambon, dan beberapa kota industri lain.

Di Jakarta, aksi 15 Juni akan dipusatkan di DPRI RI dengan melibatkan hampir 10 ribu buruh, kata Said Iqbal lewat keterangannya, Selasa (14/6/2022).

baca juga:

Menurutnya, aksi ini akan mengangkat lima isu. Menolak revisi UU PPP; Menolak omnibus law UU Cipta Kerja; Menolak masa kampanye 75 hari, tetapi harus 9 bulan sesuatu Undang-Undang; Sahkan RUU PPRT; dan Tolak liberalisasi pertanian melalui WTO.

Ada beberapa alasan mengapa Partai Buruh menolak revisi UU PPP, kata Said Iqbal. 

Pertama, pembahasannya kejar tayang dan tidak melihatnya partisipasi publik secara luas.

  Kami mendapat informasi, revisi UU PPP hanya dibahas 10 hari di Baleg. Padahal UU PPP adalah ibu dari Undang-Undang, di mana kelahiran semua Undang-Undang harus mengacu secara formil ke UU PPP, kata Said Iqbal.

Bayangkan, undang-undang sedemikian penting hanya dibuat dalam waktu 10 hari, tambahnya.

Alasan kedua, cacat hukum. Said mengatakan revisi ini hanya bersifat akal-akalan hukum, bukan kebutuhan hukum. Hanya untuk membenarkan omnibus law sebagai metode membentuk undang-undang.


https://akurat.co/buruh-bakal-demo-15-juni-ini-tuntutannya

Sumber: https://akurat.co/buruh-bakal-demo-15-juni-ini-tuntutannya
Tokoh



Graph