Rumor Rusheffle 15 Juni, Dua Kader PAN Ini Disebut Layak Masuk Kabinet Jokowi

  • 14 Juni 2022 11:55:34
  • Views: 15

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peneliti politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno buka suara terkait rumor reshuffle atau perombakan kabinet akan dilasanakan pada Rabu, 15 Juni 2022.

Adi menyebut ada dua sosok kader PAN yang layak menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Meski demikian, ia memberi catatan apabila kader PAN mendapat jatah menteri.

Kalau soal siapa yang jadi menteri dari PAN, kemungkinan cuma 2. Kalau tak Zulhas (Ketum PAN Zulkifli Hasan), lainnya pasti Sekjen PAN Eddy Soeparno, kata Adi Prayitno dilansir detikcom, Minggu (12/6/2022).

Dorong Reshuffle Kabinet, Politikus PDIP Singgung Menteri Kebelet Nyapres dan Tidak Punya Partai

Adi menilai sosok Zulhas dan Eddy Soeparno yang layak menjadi menteri karena menjabat sebagai ketum dan sekjen parpol. Ia menyebut Jokowi selama ini melantik menteri dari kalangan ketum dan sekjen parpol.

Cuma Zulhas atau Eddy Soeparno yang kelihatan masuk nominasi menteri andai PAN masuk kabinet dalam reshuffle terdekat. Jokowi terlihat suka mengonsolidasi ketum atau sekjen partai dalam kabinetnya. Sudah ada Prabowo (Ketum Gerindra), Airlangga (Ketum Golkar), Suharso (Ketum PPP), dan Sekjen NasDem Johnny Plate, jelasnya.

Meski demikian, ia tidak bisa menerka posisi apa yang akan diterima kader PAN apabila benar mendapat jatah menteri.

Yang paling mungkin diterka, PAN punya sejarah pernah jadi Menteri Perhutanan, Perhubungan dan MenPAN-RB. Tapi tiga pos menteri ini diisi kader pengusung utama Jokowi, dan Pak Budi (Menteri Perhubungan) orangnya Jokowi. Sulit diganti. Dalam konteks inilah soal PAN dapat posisi apa masih gelap gulita, beber dia.

 

Siap Isi Kursi Kabinet Jokowi, PAN: Kita Carikan Kader Terbaik


https://www.jitunews.com/read/150658/rumor-rusheffle-15-juni-dua-kader-pan-ini-disebut-layak-masuk-kabinet-jokowi

Sumber: https://www.jitunews.com/read/150658/rumor-rusheffle-15-juni-dua-kader-pan-ini-disebut-layak-masuk-kabinet-jokowi
Tokoh













Graph