Cegah Politik Identitas pada Pemilu 2024, Polri Bentuk Satgas

  • 14 Juni 2022 11:52:22
  • Views: 19

Selasa, 14 Juni 2022 - 11:12 WIB

VIVA - Polri memiliki cara untuk mencegah adanya politik identitas saat pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya, mereka akan bentuk satuan tugas (Satgas) bareng KPU, Bawaslu dan partai politik peserta Pemilu 2024.

Apel

Apel anggota Kepolisian RI

Bersama KPU, Bawaslu dan Parpol

“Untuk mencegah politik identitas dan provokasi, maka Polri dan stakeholders terkait bersama KPU, Bawaspu dan Parpol kontestasi pemilu bersama-sama menyiapkan satgas, kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 14 Juni 2022.

Menurut dia, fungsi Satgas ini untuk memberikan sosialisasi, edukasi dan literasi kampanye bermartabat kepada masyarakat. Kemudian, menjaga toleransi, etika, memperkuat moderasi beragama dan menjaga persatuan.

“Selain itu, melakukan sosialisasi dan edukasi dengan membuat FGD (forum group discussion) dengan melibatkan komponen masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan keberagaman, ujarnya.

Baca juga: Pemilu 2024 Diharapkan Bersih dari Politik Identitas

Kampanyekan Moderasi Beragama

Selanjutnya, Dedi menambahkan Polri bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta para pegiat media sosial juga akan melakukan sosialisasi dan mengkampanyekan moderasi beragama, toleransi dan menjaga kebhinekaan.

Berikutnya, kata dia, terus mengaktifkan patroli siber bersama untuk memberikan peringatkan kepada orang menyebar konten-konten provokatif dan lain-lain. Tentu, Polri juga akan melakukan penegakan hukum bagi yang melanggar hukum.

“Penegakan hukum merupakan untimum remediun agar kasus-kasus hoax, hate speach, dan lain-lain tidak terjadi berulang dan masif, katanya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1484954-cegah-politik-identitas-pada-pemilu-2024-polri-bentuk-satgas?terbaru=2

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1484954-cegah-politik-identitas-pada-pemilu-2024-polri-bentuk-satgas?terbaru=2
Tokoh



Graph