Rumah Makan Babiambo Diduga Cemarkan Nama Baik Kuliner Minang yang Enak dan Halal

  • 14 Juni 2022 11:07:09
  • Views: 6

Indonesiainside.id, Padang — Keberadaan Rumah Makan Babiambo diduga mencemarkan nama baik kuliner Minang yang terkenal enak dan halal untuk meraup untung sebesar-besarnya.

Anggota DPR dari Fraksi PKS Dapil Sumbar I Hermanto menyebutkan, keberadaan Rumah Makan Babiambo merupakan perilaku bisnis menghalalkan segala cara yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Pangan dan budaya minang.

“Praktek rumah makan babiambo tidak sesuai dengan etika bisnis orang minang yang memegang prinsip makanan halal, ujar Hermanto dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan menanggapi kontroversi Restoran Babiambo di Kelapa Gading Jakarta yang menyuguhkan masakan Nasi Padang berbahan daging babi.

Sekali pun rumah makan babiambo telah ditutup karena diprotes oleh orang Minang, lanjut Hermanto, merek kuliner yang mengusung bahasa Minang itu perlu diusut.

“Apakah motifnya untuk mencemarkan nama baik kuliner Minang yang terkenal enak dan halal, atau ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, ujar legislator dari FPKS DPR RI ini.

Dalam aspek bisnis juga, menurut Hermanto, merk dagang itu tidak menguntungkan pelaku pebisnis karena kuliner atau rumah makan minang identik dengan masakan halal lantaran orang Minang dikenal taat pada nilai ajaran Islam.

“Orang Minang konsisten melaksanakan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu diwujudkan dalam makanan halal, sehingga sulit ditemukan orang Minang menjual barang atau makanan yang telah ditentukan hukumnya haram, paparnya.

Dilihat dari aspek budaya Minang, kata Hermanto, tidak mungkin hal itu dilakukan oleh orang Minang.

“Perilaku bisnis seperti itu jangan diulang oleh pelaku bisnis kuliner, pungkas legislator dari Komisi IV DPR RI ini. (Aza)

 


https://indonesiainside.id/headline/2022/06/12/rumah-makan-babiambo-diduga-cemarkan-nama-baik-kuliner-minang-yang-enak-dan-halal

Sumber: https://indonesiainside.id/headline/2022/06/12/rumah-makan-babiambo-diduga-cemarkan-nama-baik-kuliner-minang-yang-enak-dan-halal
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hermanto,
ministries DPR RI, Fraksi PKS,
religions Islam,
parties PKS,
products daging, nasi, Pancasila,
places DKI Jakarta, SUMATERA BARAT,
cities Kelapa Gading,
animals Babi,