Menlu Retno Ungkap 3 Formula Demi Stabilitas Indo Pasifik

  • 14 Juni 2022 10:30:19
  • Views: 15

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, kembali diminta menjadi pembicara utama dalam High Level Dialogue di Praha pada Senin (13/6/2022) waktu setempat. Retno menjadi pembicara utama bersama Menteri Luar Negeri Republik Ceko, Jan Lipavsky.

Pertemuan ini adalah yang kedua setelah High Level Dialogue diselenggarakan oleh Prancis sebagai Presiden Uni Eropa pada 22 Februari 2022 lalu. Saat di Prancis, Retno juga diminta untuk menjadi pembicara utama.

Lalu, apa saja yang disampaikan Retno sebagai pembicara utama di pertemuan ini?

1. Tiga formula untuk stabilitas Indo Pasifik

MenluMenlu Retno Marsudi dalam High Level Dialogue di Praha, Ceko. (dok. Twitter Menlu RI)

Retno menawarkan tiga formula untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas Indo Pasifik saat berbicara di High Level Dialogue tersebut.

Pertama, semua pihak harus menegakkan Piagam PBB dan hukum internasional. Penghormatan terhadap prinsip kedaulatan dan integritas wilayah harus terus ditegakkan secara konsisten, tidak tebang pilih jika hanya dipandang sesuai, kata Retno dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (14/6/2022).

Resolusi damai adalah satu-satunya cara dalam menyelesaikan konflik. Ini adalah aturan main yang harus dipatuhi oleh semua negara, lanjutnya.

Yang kedua, menurut Retno, pentingnya menciptakan arsitektur kawasan yang inklusif. Terakhir, adalah pentingnya mengedepankan kerja sama yang konkret.

Baca Juga: Biden Segera Kunjungi Korsel dan Jepang, Bahas Indo PasifikĀ 

2. Adanya perhatian Uni Eropa terhadap kawasan Indo Pasifik

MenluMenteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, pada Forum Menteri tentang Kerjasama di Indopasifik. (twitter.com/Menlu_RI)

Penyelenggaraan High Level Dialogue sebanyak dua kali dalam kurun waktu kurang dari empat bulan, menunjukkan perhatian besar Uni Eropa terhadap kawasan Indo-Pasifik.

Hal ini seiring dengan diadopsinya EU Strategy for Cooperation in the Indo-Pasifik pada September 2021, ujar Retno.

High Level Dialogue ini selain dihadiri delegasi tingkat menteri dari berbagai negara, juga oleh organisasi internasional, kalangan bisnis, think tank, dan NGO.

3. Menlu Retno bakal bertemu Sekjen NATO

Menluilustrasi NATO (nato.int)

Tak hanya menghadiri High Level Dialogue, Retno juga mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah menteri luar negeri yaitu Ceko, Hongaria dan Lithuania.

Usai pertemuan High Level Dialogue ini, Retno dijadwalkan langsung bertolak ke Brussel untuk bertemu dengan Sekretaris Jenderal NATO dan Wakil Presiden Komisi Eropa Joseph Borrell.

Baca Juga: Menlu Retno: GPDRR Perkuat Kemitraan Menuju Resiliensi Berkelanjutan


Sumber: https://www.idntimes.com/news/indonesia/siti-nurhaliza-17/menlu-retno-gpdrr-perkuat-kemitraan-menuju-resiliensi-berkelanjutan
Tokoh



Graph