Perlintasan Liar Citayam-Bojonggede Bakal Ditutup, Ini Penjelasan KAI

  • 14 Juni 2022 10:06:48
  • Views: 12

IDXChannel - PT Kereta Api (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta akan menutup tiga perlintasan jalur kereta api liar di Kawasan Bojong Gede, Kabupaten Bogor hingga Citayam, Kota Depok.


Hal tersebut direncakan agar meminimalisir kecelakaan. Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 94, menyatakan bahwa untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup, kata Kahumas PT KAIDaop 1 Jakarta Eva Chairunnisa melalui keterangan Resmi, Selasa  (14/6/2022).

Eva mengatakan realisasi penutupan tersebut akan dilakukan secepatnya. Perlintasan liar tersebut berada di tiga gang berbeda. 

“Adapun, dalam waktu dekat penutupan perlintasan liar dilakukan di petak jalan Citayam-Bojong Gede yakni di KM 39+9/0 Jl Gang Pinang, KM 41+2/3 Jl Gang Inpres dan KM 41+5/6 Jl Gang Paseban, jelasnya.

Eva mengimbau masyarakat tidak menggunakan perlintasan liar tersebut. Dia mengimbau masyarakat menggunakan perlintasan resmi.

PT KAI DAOP 1 mencatat, sejak Januari-Juni 2022 ini, sebanyak 8 perlintasan di wilayah Daop 1 Jakarta telah ditutup. Bekerja sama dengan pihak terkait seperti Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Pemda, Dishub dan aparat setempat.

Dari delapan perlintasan yang ditutup tersebut, tujuh titik merupakan perlintasan liar dan satu titik merupakan perlintasan resmi, tandasnya.

Eva juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuat perlintasan jalur ilegal. Karena hal itu dapat membahayakan keselamatan masyarakat yang melintas dan perjalanan kereta api.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/perlintasan-liar-citayam-bojonggede-bakal-ditutup-ini-penjelasan-kai

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/perlintasan-liar-citayam-bojonggede-bakal-ditutup-ini-penjelasan-kai
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kai,
companies MNC, PT Kereta Api Indonesia,
ministries Kemenhub,
organizations API,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Depok, Paseban,
cases kecelakaan,