Pasar Uang Syariah Jaga Stabilitas Sistem Keuangan

  • 14 Juni 2022 00:31:51
  • Views: 7

KBRN, Jakarta: Bagaimana peran pasar uang syariah dalam ikut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan ( SSK ), mengemuka dalam Sidang 28th Governing Board dan 13th General Assembly - International Islamic Liquidity Management (IILM) serta Islamic Financial Services Board (IFSB) 40th Council Meeting yang berlangsung di Abu Dhabi Uni Emirat Arab pada 9 Juni 2022 lalu. 

Gubernur Bank Perry Warjiyo yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, pengembangan instrumen pasar uang syariah jangka pendek dan standar pengaturan lembaga keuangan syariah merupakan dua aspek utama yang perlu terus diperluas dalam menjaga Stabilitas Sistem Keuangan (SSK), untuk menghadapi ketidakpastian global.

Pengembangan pasar uang yang dimaksud sangat penting sejalan dengan semakin banyaknya negara yang menerbitkan sukuk jangka panjang termasuk Indonesia yang merupakan penerbit sukuk terbesar di dunia, kata Perry dalam pernyataan persnya, Senin (13/6/2022).

Sehubungan dengan hal tersebut, tambah Perry, reformasi lembaga IILM juga perlu dipercepat agar semakin dapat memenuhi kebutuhan negara-negara anggotanya. Gubernur Bank Indonesia yang juga Ketua Executive Committee (EC) IFSB menekankan pentingnya perluasan kebijakan penyusunan dan implementasi standar pengaturan lembaga keuangan syariah untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan sebagai respons tingginya ketidakpastian global.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia menekankan pentingnya dukungan dari sektor keuangan termasuk pembiayaan syariah sebagai alternatif model pembiayaan dalam mempercepat pemulihan ekonomi global serta green financing. Penekanan itu disampaikan Perry dalam rangkaian sidang tahunan sidang tahunan Islamic Development Bank (IsDB) di Sharm El Sheikh, Mesir, belum lama ini.

Selama ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil mengembangkan alternatif pembiayaan syariah yang digunakan untuk proyek besar maupun kecil termasuk sektor swasta dan juga menjadi negara penerbit green sukuk terbesar di dunia, pungkas Perry.


https://rri.co.id/ekonomi/1492762/pasar-uang-syariah-jaga-stabilitas-sistem-keuangan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1492762/pasar-uang-syariah-jaga-stabilitas-sistem-keuangan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons Perry Warjiyo,
ministries BI,
products Syariah,
nations Indonesia, Mesir, Uni Emirat Arab,
places DKI Jakarta,