Pengamat: Koalisi PKS-PKB Akan Layu Sebelum Pilpres 2024

  • 13 Juni 2022 22:57:59
  • Views: 17

JAKARTA - Koalisi Semut Merah yang digagas oleh PKS dan PKB diragukan bisa bertahan hingga Pemilu 2024. Koalisi ini dinilai bakal menghadapi medan berat, bahkan sebelum berkembang seperti Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) gagasan Golkar-PAN-PPP.

Wacana koalisi Semut Merah yang digagas PKB dan PKS tampaknya akan layu sebelum berkembang, kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, kepada GoNews.co, Senin (13/6/2022).

Menurut Jamiluddin, ada dua pertimbangan utama mengapa koalisi ini bakal sulit bertahan hingga 2024. Pertama, berkaitan dengan ideologi kedua partai yang berseberangan.

Meskipun berlandaskan Islam, baik PKS dan PKB sejatinya memiliki ideologi keislaman yang berbeda. PKB sejauh ini merupakan partai politik poros keislaman yang kental dengan budaya kaum Nahdlatul Ulama (NU). Sementara PKS, cenderung puritan. PKB dan PKS selama ini dinilai kerap berseberangan. Ideologi perjuangan kedua partai tampaknya kurang sejalan, ucap Jamiluddin.

Jamiluddin juga menyinggung, keduanya memang sempat satu koalisi di era Susilo Bambang Yudhyono (SBY). Namun kala itu, koalisi dibentuk di bawah gagasan Partai Demokrat, bukan diprakarsai PKB maupun PKS.

Dengan begitu, tampaknya sulit bagi kedua partai untuk menyatukan visi dan misi dalam mengusung presiden. Kedua partai akan terjebak pada ideologi perjuangan masing-masing, tuturnya.***


https://www.gonews.co/berita/baca/2022/06/13/pengamat-koalisi-pkspkb-akan-layu-sebelum-pilpres-2024

Sumber: https://www.gonews.co/berita/baca/2022/06/13/pengamat-koalisi-pkspkb-akan-layu-sebelum-pilpres-2024
Tokoh





Graph

Extracted

persons Jamiluddin Ritonga, Susilo Bambang Yudhoyono,
companies ADA,
organizations NU,
institutions Universitas Esa Unggul,
religions Islam,
parties Demokrat, Golkar, PAN, PKB, PKS, PPP,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, Sumatera Utara,