Kunyit Bisa Sembuhkan Migrain, Ini Alasannya

  • 13 Juni 2022 21:57:04
  • Views: 4

KOMPAS.com - Migrain adalah rasa sakit dengan sensasi denyut parah di salah satu sisi kepala yang bisa berlangsung lama sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Migrain termasuk penyakit saraf yang bisa memicu sederetan gejala seperti mual, muntah, dan terasa sensitif terhadap suara atau cahaya.

Obat-obatan dengan kandungan aspirin atau ibuprofen (Advil, Motrin IB), kafein, dan asetaminofen, sering dijadikan untuk meredakan dan menyembuhkan sakit kepala karena migrain.

Baca juga: 8 Obat Migrain Alami yang Praktis dan Bisa Dijajal di Rumah

Sayangnya, pada beberapa kasus mengobati migrain dengan obat-obatan justru memicu efek samping yang tidak baik bagi tubuh, seperti:

  • mulut kering
  • lemah otot
  • mengantuk
  • iritasi kulit
  • gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, maag, sembelit

Itu sebabnya, beberapa orang beralih ke metode pengobatan alami untuk meredakan atau menyembuhkan sakit kepala akibat migrain.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

Kunyit atasi Migrain

Salah satu rempah-rempah yang cocok dijadikan obat migrain ialah kunyit karena memiliki kandungan senyawa akif polifenol berupa kurkumin.

Kurkumin inilah yang berkhasiat dalam meredakan rasa sakit pada kepala akibat migrain.

Penelitian Nutr Neurosci pada 2019, 100 orang penderita migrain cepat pulih setelah mengonsumsi suplemen mengandung kurkumin dan koenzim Q10.

Dilansir dari Healthline, penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kombinasi omega-3 dan kurkumin memiliki serangan migrain yang ringan.

Sementara itu, Joy Houston dari Somina Wellness Center di San Diego, mengungkap bahwa kunyit bisa memberikan efek yang lebih baik dibandingkan obat-obatan atau ibuprofen yang dijual secara bebas.


https://health.kompas.com/read/2022/06/13/160000168/kunyit-bisa-sembuhkan-migrain-ini-alasannya
 

Sumber: https://health.kompas.com/read/2022/06/13/160000168/kunyit-bisa-sembuhkan-migrain-ini-alasannya
Tokoh

Graph

Extracted

products Aspirin,