Survei Charta Politika: 68,5% Pemilih PDIP Dukung Ganjar, 6,2% Pilih Puan

  • 13 Juni 2022 21:29:36
  • Views: 11

Merdeka.com - Lembaga Charta Politika Indonesia merilis pemilih PDIP lebih banyak memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju calon Presiden ketimbang Ketua DPR Puan Maharani. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan dalam simulasi 10 nama calon untuk Pilpres 2024, pemilih PDIP memilih Ganjar sebanyak 68,5 persen.

kemudian disusul yang memilih Menhan Prabowo Subianto sebanyak 9,7 persen. Sedangkan pemilih PDIP yang mendukung Puan Maharani sebanyak 6,2 persen.

taboola

Dukungan kepada Ganjar dari pemilih PDIP terlepas dari kisruh antar elite di PDIP. Selain itu, Yunarto menyebutkan dalam survei itu juga PDIP menjadi partai yang banyak didukung oleh publik dengan elektabilitas 24,1 persen.

Yang jelas apapun konstalasi di elite, kita hanya menunggu apa nanti keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri, tapi 68,5 persen dari seluruh pemilih PDIP, yang jumlahnya itu ada 24,1 persen, itu menyatakan memilih Ganjar Pranowo dalam pertanyaan simulasi 10 nama pilpres, kata Yunarto dalam rilis virtualnya, Senin (13/6).

Dan 9,7 persen di peringkat kedua memilih Prabowo dan hanya 6,2 persen yang menyatakan memilih Mba Puan Maharani. Jadi memang jadi PR besar untuk Mba Puan untuk membuat suara dari PDIP linier, karena yang dibutuhkan bukan hanya dukungan dari elite atau DPP, lanjut Yunarto.

2 dari 2 halaman

Pemilih PDIP juga ada yang memilih nama lain, yakni Menparekraf Sandiaga Uno sebesar 1,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 2,8 persen, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti sebesar 1 persen.

Berikutnya ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebesar 1 persen, Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 1,7 persen, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebesar 0,7 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 4,5 persen. Sedangkan yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 2,1 persen.

Survei Charta Politika ini dilakukan pada 25 Mei-2 Juni 2022 dengan metode wawancara tatap muka. Penentuan sampel pada survei dilakukan dengan metode multistage random sampling, terhadap 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83% dan quality control 20 persen dari total sampel.

Baca juga:
Hasil Lengkap Survei Charta Politika Juni 2022
Survei Terbaru Charta Politika: Elektabilitas PDIP Ungguli Gerindra dan Golkar
Survei Charta Politika: Sandiaga dan Ridwan Kamil Tertinggi di Bursa Cawapres
Menunggu Sosok Capres NasDem Pekan Ini, Prabowo-Erick?
Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Melesat Naik Setelah Rakernas Projo


https://www.merdeka.com/politik/survei-charta-politika-685-pemilih-pdip-dukung-ganjar-62-pilih-puan.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/politik/survei-charta-politika-685-pemilih-pdip-dukung-ganjar-62-pilih-puan.html
Tokoh























Graph