Megawati Terkesan Seni Relief di Sarinah yang Sempat 'Disembunyikan'

  • 13 Juni 2022 20:49:21
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku terpukau dengan karya seni yang berada di Sarinah, Jakarta Pusat. Secara khusus, Megawati juga bicara soal relief Sarinah yang sempat 'disembunyikan'.

Jadi tadi setelah ditunjukkan beberapa floor yang menurut saya sangat bagus, sangat indah, karena di situ setiap floor mempunyai makna-makna tersendiri, ujar Megawati di Sarinah, Senin (13/6/2022).

Terutama mengenai dipasangnya kembali seni relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya, dalam tanda kutip 'disembunyikan'. Tapi akhirnya Alhamdulillah dapat dikembalikan, yang menurut saya dari sisi seni, itu luar biasa sekali, sambung Megawati.

Terkait relief yang bercerita mengenai masyarakat Indonesia, khususnya kaum Marhaen, Megawati mengatakan banyak orang yang salah berkonotasi ketika ada kata 'marhaen'.

Sebenarnya, kata Megawati, Marhaen adalah nama seorang petani yang ditemukan Bung Karno di Jawa Barat. Marhaen adalah simbol petani Indonesia yang sangat tradisional.

Bung Karno melihat Marhaen sebagai orang Indonesia yang sebenarnya memiliki pacul sebagai alat produksi, namun tak kunjung sejahtera, terang dia.

Keinginan beliau (Bung Karno) adalah semua rakyat Indonesia itu harus menjadi sebuah negara yang gemah ripah loh jinawi (sejahtera, red). Begitu, kata Megawati.

Sementara itu, Erick Thohir yang mendampingi Megawati menggunakan batik merah itu mengatakan, proses renovasi Gedung Sarinah, salah satunya memang karena Pemerintah tak ingin generasi muda terputus dengan sejarah bangsa.

Alhamdulillah ini bisa menjadi sebuah pengingat sejarah untuk generasi muda, karena ini ramai sekali (dikunjungi). Tetapi sekalian Ibu Mega juga berpesan Bagaimana UMKM-nya harus dilibatkan. Nah karena itu kita mendorong banyak UMKM dan merek-merek lokal yang sekarang lagi naik daun, pungkas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Presiden Pertama RI Soekarno di Kompleks Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).


https://www.liputan6.com/news/read/4985746/megawati-terkesan-seni-relief-di-sarinah-yang-sempat-disembunyikan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4985746/megawati-terkesan-seni-relief-di-sarinah-yang-sempat-disembunyikan
Tokoh







Graph

Extracted

persons Erick Thohir, Megawati Soekarnoputri, Soekarno,
companies ADA, WhatsApp,
parties PDIP,
products UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Magelang,