Rusia Gempur Tempat Berlindung Warga Sipil di Severodonetsk Ukraina

  • 13 Juni 2022 20:29:32
  • Views: 4

Jakarta, IDN Times - Pasukan Rusia dikabarkan terus menggempur Severodonetsk, tepatnya di zona berlindung untuk warga sipil. Separatis pro-Rusia bahkan menyebut, jembatan terakhir di kota tersebut telah dihancurkan.

Seorang pejabat Ukraina mengatakan, serangan di Severodonetsk ini merupakan serangan brutal usai serangan Rusia ke Mairupol.

Baca Juga: Mariupol Berpotensi Kena Wabah Kolera, Rusia Bakal Terapkan Lockdown

1. Rusia terus menyerang Severodonetsk

RusiaOrang-orang menghadiri upacara penghormatan kepada para pembela Ukraina yang gugur, termasuk tentara yang tewas dalam pertempuran dengan pemberontak pro-Rusia di bandara Donetsk hari ini pada tahun 2015, di sebuah peringatan di dekat markas besar Kementerian Pertahanan di Kyiv, Ukraina, Kamis (20/1/2022). (ANTARA FOTO/Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS.)

Gubernur Luhansk merangkap Severodonetsk, Sergei Gadai mengatakan, pasukan Ukraina masih bertahan di kota itu untuk mempertahankan sejumlah gedung.

“Pertempuran begitu sengit sehingga pasukan kami tidak hanya berjuang untuk satu kawasan saja, kata Gadai, dikutip dari Channel News Asia, Senin (13/6/2022).

Pasukan Rusia kini dilaporkan telah menguasai hampir seluruh Kota Severodonetsk.

“Rusia terus menyerbu kota, mereka terus berusaha memukul mundur pasukan Ukraina, ucap dia.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

2. Tembakan artileri Rusia menghantam tempat berlindung warga sipil

RusiaSeorang anggota tentara Rusia menembakkan sebuah howitzer dalam latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Rabu (26/1/2022). ANTARA FOTO/Sergey Pivovarov/File Photo.

Gadai melaporkan bahwa pasukan Rusia menembakkan artileri ke pabrik kimia Azot, tempat ratusan warga sipil berlindung.

“Sekitar 500 warga sipil masih berada di kawasan pabrik Azot, 40 di antaranya adalah anak-anak. Terkadang pasukan kami dapat mengevakuasi beberapa orang, ujarnya lagi.

Selain itu, di Kota Lysychansk yang terletak di seberang Sungai Siverskyi, juga diserang pasukan Rusia. Bahkan seorang anak berusia enam tahun dilaporkan tewas di sana.

3. Pasukan Rusia ancam pasukan Ukraina

RusiaAsap dan api membubung selama penembakan di dekat Kiev, saat Rusia melanjutkan invasi ke Ukraina, Sabtu (26/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich.

Kantor berita Rusia, RIA, mengutip juru bicara separatis pro-Moskow, Eduard Basurin, mengatakan bahwa jembatan terakhir di atas Sungai Siverskyi yang menghubungkan dua kota tersebut telah dihancurkan.

“Pasukan Ukraina terjebak di Severodonetsk dan harus memilih antara menyerah atau mati, ucap Basurin.

Baca Juga: Moskow Makin Kuat di Kiev, Kini 23 Warga Ukraina Dapat Paspor Rusia 


https://www.idntimes.com/news/world/sonya-michaella/rusia-gempur-tempat-berlindung-warga-sipil-di-severodonetsk-ukraina

Sumber: https://www.idntimes.com/news/world/sonya-michaella/rusia-gempur-tempat-berlindung-warga-sipil-di-severodonetsk-ukraina
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
organizations API,
topics lockdown,
products Paspor,
nations Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow,
cases penembakan,