Tingkat Penularan Cepat, Hewan Ternak yang Suspek PMK Tambah Jadi 162 Ekor di Tangerang

  • 13 Juni 2022 17:47:06
  • Views: 17

Suara.com - Hewan ternak di Kabupaten Tangerang, Banten yang diduga terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) bertambah menjadi 162 kasus.

Hewan ternak yang rata-rata berupa sapi, kerbau, dan kambing itu diduga suspek PMK usai dilakukan pemeriksaan ke sejumlah tempat peternak.

Tercatat sejak hari ini, total ada sebanyak 221 kasus hewan ternak PMK. Baik itu yang positif ada 59 kasus dan suspek ada 162 kasus. Namun kita pun sudah melakukan langkah-langkah untuk penanganannya, kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Asep Jatnika di Tangerang, Senin.

Menurut keterangannya, penambahan kasus PMK ini diketahui setelah pihaknya memeriksa secara intens ke sejumlah peternak yang ada di 10 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Kurban, Masyarakat Kulon Progo Diimbau Lebih Waspada Beli Hewan Ternak

Adapun dari ke 10 wilayah terdapat kasus tersebut di antaranya seperti kecamatan Curug dengan enam kasus, Panongan tujuh kasus, Sepatan Timur satu kasus, Pagedangan 81 kasus, Kelapa Dua 26 kasus, Solear 11 kasus, Cisoka 11 kasus, Rajeg enam kasus, Cikupa 12 kasus, dan kecamatan Legok satu kasus.

Rata-rata hewan yang suspek PMK ini jenis sapi, kerbau, domba dan kambing. Jadi tingkat penularannya pun memang begitu cepat sehingga bisa menular terhadap hewan yang ada di sekitarnya, katanya.

Lebih lanjut, Asep menuturkan hingga kini upaya yang dilakukan oleh satgas pengendalian dan penanganan penyakit setempat langsung melakukan pemberian vitamin dan antibiotik terhadap hewan yang diindikasi terpapar PMK tersebut.

Tentunya kita hanya melakukan pencegahan dengan melakukan pengobatan dan penyemprotan disinfektan ke kandang-kandang peternak itu, supaya PMK ini tidak menyebar lebih luas lagi, ujarnya.

Ia berharap, kepada seluruh peternak dan pedagang ketika mendatangkan hewan ternak baru yang berasal dari luar daerah agar dipisahkan terlebih dahulu dan dipastikan kondisi hewan itu dalam keadaan sehat.

Baca Juga: PMK Mewabah Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban di Siak Diprediksi Naik

Dipastikan para peternak bisa menjaga sterilisasi kebersihan kandang hewan masing-masing. Karena dengan upaya itu bisa menghindari penularan PMK, tuturnya.


https://www.suara.com/news/2022/06/13/174403/tingkat-penularan-cepat-hewan-ternak-yang-suspek-pmk-tambah-jadi-162-ekor-di-tangerang

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/13/174403/tingkat-penularan-cepat-hewan-ternak-yang-suspek-pmk-tambah-jadi-162-ekor-di-tangerang
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products disinfektan, Hewan kurban, vitamin,
places BANTEN, DI YOGYAKARTA, RIAU,
cities Kelapa Dua, Kulon Progo, Tangerang,
animals Domba, Kambing, Sapi,