KSAL Yudo Margono Tunjuk Mantan Ajudan SBY Jadi Panglima Koarmada II

  • 13 Juni 2022 16:52:00
  • Views: 4



GELORA.CO - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut.

Salah satu Pati TNI Angkatan Laut yang hari ini dilantik adalah Laksamana Muda (Laksda) TNI Tolhas Sininta Nauli Basana Hutabarat. Laksda TNI Nauli Basana Hutabarat dilantik sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II menggantikan Laksda TNI Iwan Isnurwanto yang dipercaya Laksamana TNI Yudo Margono untuk menempati jabatan baru sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal.

Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi dan prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini sekaligus amanah dan kepercayaan yang harus dijawab dengan kinerja yang lebih tinggi, kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono ketika membacakan amanatnya di Dermaga Sunda, Komplek Satuan Kapal Koarmada I, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 13 Juni 2022.

Untuk diketahui, pergantian jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor KEP/458/V/2022 Tanggal 30 Mei 2022 Tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Mantan Ajudan SBY

Laksda TNI T.S.N.B Hutabarat adalah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XXXV/Tahun 1989. Sebelum dipercaya menduduki jabatan Pangkoarmada II, Laksda TNI Hutabarat menjabat Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal.

Tidak hanya itu, dari data yang dihimpun VIVA Militer, jenderal bintang dua TNI Angkatan Laut itu tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting, salah satunya adalah Ajudan Presiden RI ke-6, Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012-2014.

Pria lulusan Maritime Component Commander Course di Pearl Harbor Hawaii tahun 2015 itu juga pernah menjabat Komandan Guspurlabar pada tahun 2014-2016. Setelah itu, dia mendapatkan promosi jabatan dengan menjabat Wakil Komandan Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Wadanseskoal) pada tahun 2016-2018.

Karier militer Hutabarat pun terus meroket, pria yang pernah menjabat Danlanal Bengkulu itu kemudian diangkat menjadi Kepala Staf Koarmada I pada tahun 2018-2019. Lalu, dia ditugaskan untuk menempati jabatan Deputi Bidang Opslat Bakamla pada tahun 2019-2021. Dan setelah itu dia kembali ke satuan TNI Angkatan Laut pada tahun 2021 dengan jabatan Koorsahli Kasal. Kemudian hari ini, Laksda TNI T.S.N.B Hutabarat didapuk memegang tongkat komando Koarmada II yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.


https://www.gelora.co/2022/06/ksal-yudo-margono-tunjuk-mantan-ajudan.html

Sumber: https://www.gelora.co/2022/06/ksal-yudo-margono-tunjuk-mantan-ajudan.html
Tokoh





Graph