7 Fitur Canggih Google Maps, Sayang Gak Banyak yang Tahu

  • 13 Juni 2022 16:08:32
  • Views: 5

Jakarta, CNBC Indonesia - Google Maps mungkin jadi salah satu layanan yang wajib digunakan untuk masyarakat yang sedang berpergian. Ini berguna untuk penunjuk arah sekaligus melihat kepadatan lalu lintas.

Selain itu Google Maps juga menyediakan fitur untuk melihat restoran atau cafe terdekat dari lokasi pengguna.

Meski sering digunakan, mungkin Anda masih belum mengetahui ada banyak fitur di Google Maps yang jarang digunakan. Berikut tujuh fitur tersembunyi itu:


1. Lihat Lokasi Orang Lain Secara Real-Time

Anda bisa melihat lokasi orang lain secara real-time di Google Maps. Termasuk jika khawatir pasangan akan berselingkuh, dapat dipantau melalui fitur Location Sharing. Dengan fitur ini pengguna dapat memberikan lokasinya pada pengguna lain dalam jangka waktu tertentu.

2. Diakses Tanpa Internet

Google Maps dapat diakses tanpa kuota internet, dengan fitur offline maps. Pengguna hanya perlu mengakses menu dan pilih offline maps lalu pilih download offline maps. Anda bisa mengatur sejauh apa peta ingin diunduh.

3. Dapat Jadi Reviewer

Platform ini juga membuka kesempatan penggunanya jadi reviewer. Lewat local guide, seseorang bisa menuliskan review lokasi yang dikunjungi, memberikan rating tempat dan menambahkan foto serta video akan diberikan reward.

Setiap local guide, punya level dan poin. Poin yang tinggi maka eksistensi reviewer semakin dipercaya. Untuk mendaftar klik https://maps.google.com/localguides/home.

4. Pesan Ojek Online

Anda tak perlu repot mengecek lokasi yang dituju di Google Maps, lalu membuka aplikasi transportasi online. Sebab bisa melakukannya hanya dengan satu kali klik aplikasi Maps.

Caranya cari tempat tujuan dan klik Direction. Informasi soal transportasi online tersedia di salah satu tab tersebut.

5. Pemesanan Restoran

Fitur reservasi restoran juga tersedia di Google Maps. Cari nama restoran atau pilih tan Explore untuk melihat restoran terdekat.

Setelah memilih restoran, pengguna dapat melihat opsi memesan meja atau menaruh nama di daftar tunggu jika restoran menyediakan fitur ini.

6. Lihat Riwayat Lokasi

Anda juga bisa melihat lokasi yang telah dicari lewat Google Maps. Caranya pilih Menu dan klik your timeline. Pilih tanggal sesuai keinginan dan hasil pencarian akan tampil di layar.

7. Perbesar Peta

Fitur sederhana ini dapat berguna untuk melihat peta secara detail. Ketuk dua kali pada layar maka lokasi yang diinginkan bisa diperbesar.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Fitur Baru Google Maps: Tarif Jalan Tol di Indonesia


(npb/roy)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220613124055-37-346579/7-fitur-canggih-google-maps-sayang-gak-banyak-yang-tahu

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220613124055-37-346579/7-fitur-canggih-google-maps-sayang-gak-banyak-yang-tahu
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google,
products ojol,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,