Ditemui Menlu Bosnia, Wapres Bahas Hubungan Produk Halal

  • 13 Juni 2022 15:08:26
  • Views: 10

IDXChannel - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menerima kunjungan kenegaraan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Bosnia dan Herzegovina Bisera Turkovic, di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

“Barusan kami mendampingi bapak Wakil Presiden menerima Menteri Luar Negeri Bosnia-Herzegovina Ibu Bisera Turkovic yang melakukan kunjungan ke Jakarta dalam rangka meningkatkan hubungan kedua negara yang merupakan hubungan sejak awal Bosnia merdeka dan berdiri, kata Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Mahendra Siregar dalam keterangannya.

Mahendra mengatakan latar belakang pada saat berdirinya dan merdekanya Bosnia-Herzegovina, Indonesia selalu hadir mengakui kemerdekaannya. Bahkan, juga turut hadir dalam pengiriman pasukan perdamaian serta membangun masjid persahabatan.

“(Indonesia) juga telah membangun satu masjid persahabatan di Sarajevo, masjid Istiqlal yang tadi ibu Menteri Luar Negeri Bosnia menyampaikan dicintai, disenangi, terutama oleh kaum muda karena keindahannya dan juga nilai historisnya, kata Mahendra.

Selain itu, Mahendra mengatakan Menlu Bisera Turkovic mengharapkan agar hubungan nilai keagamaan sesama penduduk muslim mayoritas di masing-masing negara menjadi terus meningkat di berbagai bidang lainnya.

“Utamanya harapan besar untuk peningkatan hubungan ekonomi, hubungan perdagangan, hubungan pariwisata saling kunjung, hubungan para pelajar, para cendekia dan juga hubungan bisnis perdagangan, investasi dan produksi bersama memanfaatkan pasar kedua pihak, kata Mahendra.

Mahendra mengatakan Wapres menyambut gembira beberapa langkah yang sudah dibangun dan ingin melihat perkuatan hubungan kedua negara meningkat dalam waktu dekat.

“Termasuk juga dalam meningkatkan hubungan di industri strategis, hubungan untuk produk-produk halal, sertifikasi dan juga untuk kerjasama yang lebih menyeluruh baik untuk ekspor Indonesia maupun juga untuk membuka pasar banyak produk Indonesia di Bosnia yang merupakan tempat dan lokasi sangat strategis di sebelah kawasan Uni Eropa sehingga bisa membentuk satu produksi bersama, katanya.

“Termasuk juga dalam bidang Farmasi, dalam bidang industri infrastruktur, dan juga jasa konstruksi yang ditawarkan, tambah Mahendra.

Mahendra mengatakan kedepannya kedua pihak baik Indonesia dan Bosnia-Herzegovina akan melanjutkan berbagai pertemuan yang lebih teknis. “Lebih spesifik untuk industri, untuk sektor tertentu yang disampaikan, dan juga untuk hubungan antar masyarakat antar penduduk. (TYO)


https://www.idxchannel.com/economics/ditemui-menlu-bosnia-wapres-bahas-hubungan-produk-halal

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/ditemui-menlu-bosnia-wapres-bahas-hubungan-produk-halal
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mahendra Siregar,
religions Islam,
topics ekspor,
fasums Masjid Istiqlal,
nations Indonesia, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,