Pertumbuhan Ekonomi Global Terancam Lonjakan Inflasi, Indonesia Aman?

  • 13 Juni 2022 14:59:35
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta Lembaga internasional, seperti World Bank dan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menurunkan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2022.

World Bank menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,9 persen, dan OECD menurunkan proyeksi menjadi sebesar 3 persen.

“Mengikuti IMF, baik bank dunia maupun OECD baru-baru ini baru saja mengubah Outlook Pertumbuhan global sangat signifikan,  kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti, dalam acara side event G20 International Best Practices and Lessons Learnt on LIBOR Transition in Developing A Robust and Credible Reference Rate, Senin (13/6/2022).

Disisi lain dia menjelaskan, penurunan tersebut dipengaruhi oleh volatilitas pasar yang meningkat akibat tingginya gejolak global sehingga menjadi perhatian utama. Dimana terjadi gangguan rantai pasokan global yang terus berlanjut.

Disamping itu, juga terjadi kenaikan harga komoditas yang telah mendorong tekanan inflasi secara global. Semua tantangan tersebut tercermin dalam dinamika Pasar Keuangan Global, yang akhirnya  berdampak pada Pasar keuangan dalam negeri.

Pemulihan ekonomi global tetap berlanjut tetapi lebih lemah dari yang diperkirakan sebelumnya, akibat ketegangan geopolitik, inflasi yang meningkat, dan normalisasi kebijakan moneter yang lebih cepat di berbagai negara, jelasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Wabah virus korona berdampak buruk pada ekonomi global, dan sebuah maskapai Inggris menjadi korban terbaru. Wabah ini juga mengakibatkan arus kunjungan di seluruh dunia menurun tajam, dan IMF memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global. Berikut la...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4985333/pertumbuhan-ekonomi-global-terancam-lonjakan-inflasi-indonesia-aman

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4985333/pertumbuhan-ekonomi-global-terancam-lonjakan-inflasi-indonesia-aman
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries BI,
organizations OECD,
ngos World Bank,
topics virus korona, volatilitas,
nations Indonesia, Inggris,
places DKI Jakarta,