3.619 Jemaah Haji di Madinah Diberangkatkan Menuju Makkah Hari Ini

  • 13 Juni 2022 14:49:01
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 3.619 jemaah haji Indonesia diberangkatkan menuju Madinah pada hari ini, Senin (13/6/2022).

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin menyebut, 3.619 jemaah haji itu diberangkatkan dari lima embarkasi yang terbagi dalam sembilan kloter.

Hari ini kembali diberangkatkan 3.619 jemaah yang terbagi dalam sembilan kloter dari lima embarkasi, ujar dia dalam keterangannya di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (13/6/2022).

Fauzin merinci, masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede atau JKG sebanyak 786 jemaah, Jakarta-Bekasi atau JKS sebanyak 820 jemaah, Solo atau SOC 1 sebanyak 720 dan Surabaya atau SUB 900.

Satu kloter dari embarkasi Medan (MES) dengan 393 jemaah, kata dia.

Fauzin menambahkan, sampai dengan hari ini, sudah 23.178 jemaah telah diberangkatkan ke Madinah.

Sementara untuk jemaah haji sakit per hari ini sebanyak 43 orang dengan rincian 38 orang rawat jalan dan lima orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Jemaah wafat menjadi 2 orang, 1 dari embarkasi Jakarta – Pondok Gede dan 1 dari Embarkasi Padang, papar Fauzin.

Dia menyebut, sesuai laporan petugas kesehatan, dari jumlah Jemaah yang telah tiba di tanah suci, sebanyak 40,10% memiliki potensi resiko tinggi terhadap kesehatannya.

Kami mengimbau seluruh jemaah untuk beristirahat cukup dan jangan beraktifitas yang dapat menyebabkan kelelahan berlebih, lanjutnya.

Fauzin kembali mengingatkan kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas. Suhu tertinggi pada siang hari mencapai 46 derajat celsius, sementara suhu terendah 38 derajat celsius pada dini hari. Menurut Fauzin, ini menjadi cuaca dengan status siaga dan harus menjadi perhatian seluruh jemaah.

“Batasi aktivitas di luar ruangan. Jika akan keluar, lengkapi dengan alat pelindung diri dan memakai alas kaki, kata dia.

“Jemaah haji kami imbau jangan menunggu haus untuk minum, mengonsumsi vitamin, dan menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta dan istirahat yang cukup, tandasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sementara itu para jemaah calon haji asal Indonesia mulai bergerak dari Madinah menuju ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Jemaah calon haji diimbau untuk memakai kain ihram di hotel sebelum berangkat ke Bir Ali.


https://www.liputan6.com/news/read/4985434/3619-jemaah-haji-di-madinah-diberangkatkan-menuju-makkah-hari-ini

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4985434/3619-jemaah-haji-di-madinah-diberangkatkan-menuju-makkah-hari-ini
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
topics haji,
events Ibadah Haji,
products vitamin,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, Sumatera Utara,
cities Bekasi, Madinah, Solo, Surabaya,