Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya Selama 14 Hari di 35 Titik

  • 13 Juni 2022 13:04:42
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya mulai hari ini Senin, 13 Juni 2022 hingga 14 hari ke depan. Operasi itu dilakukan untuk menertibkan para pengguna kendaraan dengan rotator atau lampu strobo dan pelat khusus.

“Ada 35 titik ya, penekanannya adalah untuk penggunaaan rotator dan pelat khusus tidak ada keistimewaan, ujar Kapolda Metro Jaya Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Senin, 13 Juni 2022.

Namun, Fadil tidak mendetailkan di mana saja 35 titik itu. Dia menjelaskan pihaknya akan menindak pengendara dengan pelat khusus dan rotator jika melakukan pelanggaran, bahkan dicabut pelatnya.

“Kita sedang evaluasi soal itu, jadi tidak ada keistimewaan untuk itu, kan jelas itu hanya pejabat-pejabat eselon satu, menteri, serta Dirjen, katanya.

Menurut Fadil, diterapkannya Operasi Patuh Jaya itu bukan hanya karena banyaknya kasus di jalan yang melibatkan mobil berpelat khusus. Tapi, semuanya termasuk fenomena penggunaan rotator yang juga perlu ditertibkan. “Ada etika di jalan tapi di titik yang menggunakan ETLE supaya ebih bisa kita pantau, tutur Fadil.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan bahwa dalam Operasi Patuh Jaya pihaknya akan mengirimkan pemberi arahan untuk pelaksanaan giat operasi patuh ke depan. 

Selain itu, menurut Firman, operasi ini tidak menitik beratkan kepada operasi yang dilaksanakan secara stasioner di jalan maupun mengejar target, ‘menangkap’, atau melakukan penindakan kepada pelangagar sebanyak-banyaknya. “Kegiatan operasi tahun ini dengan menggunakan teknologi ETLE, katanya.

Firman juga mengatakan bahwa operasi ini menitikberatkan pada titik titik atau hasil evaluasi di masing-masing jajaran. Termasuk jenis pelanggaran tertentu yang paling banyak mengakibatkan timbulnya kemacetan, terlebih pelanggaran yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan fatal.

Menurut Fadil, tentunya masing masing daerah akan ada jenis-jenis pelanggaran yang berbeda, dan akan diserahakan kepada satuan tugas daerah masing-masing Polda dan Polres. “Jadi sekali lagi fokuskan perhatian kita, arahan, dan teguran simpatik yang dilaksanakan kepada masyarakat kepada pelanggaran yang dimaksud, tutur Firman.

Baca juga: Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya Sasar Pelat Khusus dan Penggunaa Rotator


https://metro.tempo.co/read/1601317/polda-metro-gelar-operasi-patuh-jaya-selama-14-hari-di-35-titik

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1601317/polda-metro-gelar-operasi-patuh-jaya-selama-14-hari-di-35-titik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Firman Shantyabudi,
companies ADA,
ministries Kapolda Metro jaya, Polda Metro Jaya, Polisi, Satpol PP, TNI,
bumns TransJakarta,
places DKI Jakarta,
cases kecelakaan, Kemacetan,
brands Apple,