Hari Ini dan Besok, Wisatawan Waspada Ombak 6 Meter di Pantai Selatan Yogyakarta

  • 12 Juni 2022 22:05:06
  • Views: 10

TEMPO.CO, Yogyakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Yogyakarta mewanti-wanti masyarakat soal ketinggian gelombang di pantai selatan Yogyakarta pada hari ini dan besok, 12-13 Juni 2022. Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan, gelombang kategori sangat tinggi berkisar empat sampai enam meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan Yogyakarta.

Potensi gelombang sangat tinggi itu juga diperkirakan melanda tiga wilayah pesisir di sekitar Yogyakarta, meliputi Kabupaten Cilacap, selatan Kebumen, dan selatan Purworejo, kata Warjono pada Minggu, 12 Juni 2022. Perhatikan keselamatan masyarakat juga pelayaran.

Pelayaran yang dia maksud antara lain perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, maupun kapal ukuran besar seperti kapal kargo. Masyarakat dan wisatawan yang beraktivitas di pesisir selatan Yogyakarta juga diharapkan selalu waspada.

Menurut BMKG, ada berbagai faktor pemicu gelombang kategori tinggi dan sangat tinggi di perairan selatan ini. Antara lain, pola angin di wilayah Indanesia bagian utara yang dominan bargerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-17 knot. Sedangkan di wlayah Indonesia bagian selatan pola angin dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan berkisar 5-25 knot. 

Kecepatan angin tertinggi pada pekan ini terpantau di perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda, perairan selatan Jawa Tmur hingga NTT, dan Laut Banda-Laut Arafuru. Hujan deras yang kerap melanda wilayah Yogyakarta pada awal hingga tengah Juni ini turut berdampak pada kerusakan infrastruktur di sekitar pesisir. 

Salah satunya, ambrolnya tanggul pemecah arus sungai bawah tanah di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, pada awal Juni 2022. Pada tanggul dekat Tempat Pelelangan Ikan Pantai Baron itu dipasangi garis polisi karena berbahaya bagi wisatawan dan nelayan. Tanggul itu ambrol karena abrasi atau derasnya aliran sungai bawah tanah akibat hujan deras, kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul Marjono.

Baca juga:
Nikmati 5 Wisata Alam di Gunungkidul yang Memesona

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1601139/hari-ini-dan-besok-wisatawan-waspada-ombak-6-meter-di-pantai-selatan-yogyakarta

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1601139/hari-ini-dan-besok-wisatawan-waspada-ombak-6-meter-di-pantai-selatan-yogyakarta
Tokoh



Graph