Terkini Bisnis: Proyek BTS Molor Berujung Denda, Satelit Elon Musk Masuk RI

  • 12 Juni 2022 19:05:43
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Berita di kanal ekonomi dan bisnis sepanjang Ahad, 12 Juni 2022, diwarnai berbagai isu. Berita pertama menyoal molornya proyek BTS yang digarap Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pekerjaan yang terlambat menyebabkan konsorsium harus membayar denda. Ada pula penjelasan Menteri Kominfo perihal masuknya Starlink ke Indonesia. Starlink adalah satelit Internet milik Elon Musk. 

Berikut empat berita terkini kanal ekonomi dan bisnis.

1. Molor Proyek BTS Bakti Kominfo Berujung Denda

Pekerjaan BTS belum menunjukkan perkembangan signifikan walau pada akhir tahun lalu pemerintah sudah menyetujui perpanjangan jangka waktu pengerjaan tower. Saat itu, pembangunan BTS tahap pertama disetujui hingga Maret 2022. Agar target tak molor berkepanjangan, sebenarnya pemerintah sudah mencairkan biaya proyek pada akhir tahun anggaran 2021. Sebagai syarat, para kontraktor diminta menyerahkan bank garansi.

Kepala Divisi Infrastruktur Lastmile Backhaul Bakti Feriandi Mirza mengatakan proyek pembangunan BTS di luar wilayah Papua terhambat masalah rantai pasok material dan komponen telekomunikasi. Selama pandemi Covid-19, kontraktor kesulitan memperoleh mikrocip yang didatangkan dari beberapa negara, seperti Cina.

“Ada kelangkaan mikrocip, itu efek domino dari Covid-19 karena produksi menjadi berkurang, kata Feriandi saat ditemui Tempo di kantornya, Jakarta Selatan, 3 Juni lalu.

Baca selengkapnya di sini.


https://bisnis.tempo.co/read/1601094/terkini-bisnis-proyek-bts-molor-berujung-denda-satelit-elon-musk-masuk-ri

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1601094/terkini-bisnis-proyek-bts-molor-berujung-denda-satelit-elon-musk-masuk-ri
Tokoh



Graph

Extracted

persons Elon Musk,
companies ADA,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, PAPUA,
cities Sukoharjo,
cases covid-19,
musicclubs BTS,