Peternak: Harga Sapi Turun hingga Rp 5 Juta Per Ekor Akibat PMK

  • 12 Juni 2022 19:02:01
  • Views: 3

ILUSTRASI. Pedagang menggiring sapi di pasar hewan Tertek, Kediri, Jawa Timur, Senin (23/5/2022). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.

Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Jenderal Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI), Rochadi Towaf mengatakan akibat dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang pada ternak berimbas pada harga jualnya.

Dia melaporkan harga sapi yang terkena wabah virus PMK turun menjadi Rp 2 juta sampai Rp 5 juta dari harga aslinya di kisaran Rp 30 juta per ekor.

“Kondisi yang ada di lapangan saat ini harga jual sapi perah akibat dari PMK bisa turun mencapai Rp 2 juta–Rp 5 juta per ekor. Ini tragis, kata dia pada Kontan.co.id, Minggu (12/6).

Dia memperkirakan, total kerugian yang ditanggung peternak secara nasional bisa mencapai Rp 20 triliun imbas dari wabah PMK yang terparah menjangkiti sapi perah.

Baca Juga: DPR Desak Pemerintah Percepat Vaksinasi PMK Hewan Ternak

Sementara kerugian lain yang ditanggung oleh peternak yaitu penurunan produksi susu sapi perah. Dalam catatannya produktivitas sapi perah saat ini sudah turun mencapai 80% secara nasional.

“Produksi susu kita secara nasional yang tadinya berkontribusi dalam negeri sebanyak 20%, saat ini sudah tidak sampai 10%, jika ini terus terjadi maka ketergantungan akan inpor juga semakin tinggi, tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa tingkat penularan pada sapi ternak sangat cepat bisa melalui udara. Sementara tingkat kematiannya di Indonesia saat ini mencapai 2% pada sapi dewasa dan 30% pada sapi pedet atau anak sapi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Lailatul Anisah
Editor: Tendi Mahadi


https://nasional.kontan.co.id/news/peternak-harga-sapi-turun-hingga-rp-5-juta-per-ekor-akibat-pmk

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/peternak-harga-sapi-turun-hingga-rp-5-juta-per-ekor-akibat-pmk
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google,
ministries DPR RI,
events vaksinasi,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Kediri,
animals Sapi,