Begini Rencana Prosesi Penyerahan Jenazah Eril di Soetta Sore Ini

  • 12 Juni 2022 12:24:57
  • Views: 14

Jakarta -

Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sore ini. Jenazah Eril diterbangkan dari Bern, Swiss menggunakan pesawat Qatar Airways. Lalu, bagaimana prosesi kedatangan hingga pelepasan jenazah Eril nanti?

Kasat Lantas Polres Bandara Kompol Bambang AS menyebut proses penjemputan jenazah Eril setiba di landasan akan dilakukan oleh pihak Angkasa Pura. Bambang menyebut telah menyiapkan ambulans dan mobil untuk Ridwan Kamil dan keluarga almarhum.

Hasil rapat dan rapat koordinasi yang dipimpin dari Kemenlu, kita sudah sepakati bahwa proses penjemputan jenazah dari mulai lambung pesawat di landasan dilakukan oleh pihak Angkasa Pura, diikuti oleh kendaraan ambulans dan serta kendaraan untuk keluarga, kata Kompol Bambang AS kepada wartawan di kawasan Soetta, Minggu (12/6/2022).

Bambang menambahkan, pihak keluarga akan didampingi oleh staf Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Yang seperti kita ketahui, ada keluarga dari Pak Emil sendiri bertiga, serta satu staf dari Kemenlu yang akan mendampingi, ujarnya.

Kemudian, iring-iringan jenazah Eril akan diarahkan melalui apron timur untuk diteruskan ke bagian Human Remains, Kargo Jenazah Bandara Soetta.

Nanti seluruhnya melewati apron timur, ya. Dari landasan lewat apron timur lanjut ke arah Human Remains, Kargo, transit ini, jelasnya.

Nantinya, prosesi serah-terima jenazah Eril dilakukan di Human Remains, Kargo Jenazah Soetta. Prosesi dilakukan oleh pihak Kemenlu kepada pihak keluarga.

Nanti di situ ada prosesi serah terima dari pihak Kemenlu kepada pihak keluarga, kata Bambang.

Bambang mengatakan proses administratif terkait jenazah Eril telah selesai dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, dia memastikan prosesi penyerahan jenazah tak akan berlangsung lama.

Untuk prosesi dokumen pembukaan peti jenazah sudah kita siapkan, dari perizinan kesehatan, karantina serta kargo dan custom, imigrasi itu kemarin sudah kita lakukan komunikasi lebih awal, kata dia.

Setelah prosesi tersebut selesai, rombongan jenazah Eril direncanakan langsung berangkat ke Bandung. Pengawalan rombongan akan dilakukan oleh Satuan PJR Ditlantas Polda Jabar.

Selanjutnya, dari prosesi serah-terima, nanti akan langsung bergeser ke Bandung dikawal oleh PJR Direktorat Polda Jabar. Nanti akan kita dampingi sampai lepas ke arah tol Jakarta, tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dijadwalkan tiba sore ini di Jakarta. Pihak kepolisian telah menyiapkan ratusan personel gabungan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk saat ini kita sudah menyiapkan 120 personel pengamanan. Yang di-backup juga oleh rekan-rekan TNI, dari seluruh stakeholder pengamanan di sini untuk mengamankan kedatangan jenazah almarhum Emmeril, yang nanti rencananya akan tiba mungkin 15.45 WIB menggunakan Qatar Airways QR 95, kata Kasat Lantas Polres Bandara Kompol Bambang AS kepada wartawan, Minggu (12/6).

Bambang menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan rute selama proses kedatangan hingga pelepasan jenazah Eril di Bandara Soetta. Dia menyebut pihak Ditlantas Polda Jawa Barat juga turut terlibat dalam prosesi itu.

Untuk pengamanan nanti kita siapkan mulai dari rute, dari Bandung ke Jakarta yang akan dikawal oleh Direktorat lantas Jawa Barat. Serta pengamanan rute dari Human Remains ke arah Jakarta. Lanjut ke pengamanan lokasi di areal terminal kargo ini, jelasnya.

(fca/fca)

https://news.detik.com/berita/d-6123057/begini-rencana-prosesi-penyerahan-jenazah-eril-di-soetta-sore-ini

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6123057/begini-rencana-prosesi-penyerahan-jenazah-eril-di-soetta-sore-ini
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil, Soekarno,
companies ADA, Qatar Airways,
ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu, Polda Jabar, Polisi, TNI,
fasums Bandara Soekarno Hatta,
nations Qatar, Swiss,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung, Bern,
transportations Ambulans,