5 Penguasa Industri Kelapa Sawit Indonesia, Miliki Ratusan Ribu Hektar Lahan!

  • 12 Juni 2022 10:47:20
  • Views: 4

AKURAT.CO Kelapa Sawit merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia. Bahkan, Indonesia merupakan salah satu produsen CPO terbesar di dunia. Tak heran jika banyak konglomerat lahir dari industri ini.

Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan deretan juragan sawit terkaya di Indonesia.

1. Martua Sitorus

Ketika mendirikan Wilmar bersama Kuok Khoon Hong pada tahun 1991 lalu, Martua Sitorus memiliki kurang dari 10 ribu hektar kebun kelapa sawit di Sumatra Utara. Kini, Raja Minyak Sawit Indonesia ini memiliki ratusan ribu hektar kebun kelapa sawit di Indonesia maupun di Malaysia, bahkan di Afrika.

baca juga:

2. Anthoni Salim

Anthoni Sallim merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia dengan perusahaannya Grup Salim. Perusahaan pemilik Indofood ini mengoperasikan berbagai industri kelapa sawit melalui Indofood Agri Resources Ltd dengan anak perusahaan seperti PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Tbk hingga PT Salim Ivomas Pratama Tbk.

3. Sukanto Tanoto

Memulai bisnis di bidang jasa konstruksi untuk industri minyak pada tahun 1967 silam, Sukanto Tanoto kini menjadi konglomerat yang dikenal sebagai pemilik grup usaha Royal Golden Eagle International (RGEI). Kini, orang terkaya ke-21 Indonesia ini bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit melalui Asian Agri dan Apical.

4. Ciliandra Fangiono

Ciliandra Fangiono juga disebut sebagai raja minyak muda yang mencatatkan diri sebagai orang terkaya ke-24 di Indonesia. Pengusaha 46 tahun ini adalah CEO First Resources Ltd yang diketahui menguasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Indonesia.

5. Peter Sondakh

Peter Sondakh masuk sebagai salah satu juragan kelapa sawit Indonesia seiring dengan posisinya sebagai orang terkaya ke-20 Indonesia. Kepala Rajawali Corpora ini memiliki portofolio yang mentereng di industri kelapa sawit Tanah Air melalui perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Eagle High Plantations Tbk.

Sejumlah nama lain penguasa kelapa sawit Indonesia adalah Theodore Rachmat, Hashim Djojohadikusumo, hingga Arini Subianto.[]


https://akurat.co/5-penguasa-industri-kelapa-sawit-indonesia-miliki-ratusan-ribu-hektar-lahan

Sumber: https://akurat.co/5-penguasa-industri-kelapa-sawit-indonesia-miliki-ratusan-ribu-hektar-lahan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hashim Sujono Djojohadikusumo,
companies PT Salim Ivomas Pratama Tbk,
products CPO,
nations Indonesia, Malaysia,
cities London,