Rekomendasi 7 Destinasi Wisata Tawangmangu Termasuk Herbal Tourism

  • 12 Juni 2022 09:04:25
  • Views: 14

TEMPO.CO, JakartaMasyarakat Kota Karesidenan Surakarta tentu sudah tidak asing dengan daerah Tawangmangu. Terletak di bawah kaki Gunung Lawu, membuat salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini memiliki pesona alam yang indah dan sejuk. Tak ayal, Tawangmangu menjadi tempat wisata favorit masyarakat saat liburan. 

Tawangmangu punya destinasi wisata lengkap, mulai dari alam sampai buatan. Bahkan, mengutip laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Tawangmangu dinobatkan sebagai destinasi wisata kesehatan, yakni wellness tourism dan herbal tourism di Indonesia.

Rekomendasi Destinasi Wisata Tawangmangu

Lantas, apa saja tempat wisata menarik di Tawangmangu? Berikut daftarnya: 

  1. Air Terjun Grojogan Sewu 

Kepopuleran objek wisata air terjun Grojogan Sewu sudah tidak diragukan lagi. Memiliki ketinggian sekitar 80 meter, membuat aliran air terjun selalu deras dan selalu ada setiap waktu. Uniknya, untuk mencapai air terjun ini, wisatawan harus melewati 1.250 anak tangga. Selama perjalanan akan disuguhkan pemandangan menawan dan melihat monyet-monyet. 

  1. Telaga Sarangan 

Terletak di wilayah seluas 30 hektar, Telaga Sarangan menawarkan keindahan telaga yang cocok untuk melepas penat. Di objek wisata ini, terdapat wahana perahu yang bisa disewa untuk berkeliling menikmati keindahan Telaga Sarangan. Pun ada kuda yang bisa dinaiki anak-anak. 

  1. Bukit Mongkrang 

Selain air terjun dan telaga, Tawangmangu juga punya Bukit Mongkrang. Berada di selatan Gunung Lawu, Bukit Mongkrang sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin melupakan penat sambil menikmati hamparan ilalang yang indah dan ditemani udara sejuk.

  1. Rumah Atsiri Indonesia 

Destinasi wisata di Tawangmangu yang tak kalah menarik adalah Rumah Atsiri Indonesia. Di sana, dipenuhi berbagai jenis bunga cantik warna-warni. Selain menikmati bunga, wisatawan dapat mengunjungi museum essential oil untuk mengenali sejarah minyak atsiri. Lokasinya berada di Jalan Watusambang, Plumbon, Tawangmangu. 

  1. Sakura Hills 

Tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke Jepang, sebab di Tawangmangu atau tepatnya di objek wisata Sakura Hills pengunjung bisa melihat bangunan ikonik khas Jepang. Selain itu, juga disewakan pakaian Kimono yang bisa dikenakan untuk sekadar berfoto. Tempat ini baru saja diresmikan pada akhir 2019 dan langsung dikenal oleh banyak wisatawan.

  1. The Lawu Park 

The Lawu Park adalah wisata alam yang menawarkan keindahan hutan pinus. Tempat ini sangat cocok untuk para pengunjung yang menyukai kegiatan berfoto. Aktivitas lainnya, yaitu seperti flying fox, menaiki ATV, menonton film 3D, hingga camping. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk Rp 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak. 

  1. Rumah Riset Jamu Hortus Medicus 

Objek wisata ini merupakan implementasi dari konsep destinasi wisata berbasis herbal tourism di Tawangmangu. Pengunjung dapat melihat klinik saintifikasi, laboratorium, griya jamu, museum, ruang sinema, perpustakaan, serta rumah kaca adaptasi dan pelestarian tanaman obat. Menariknya, wisatawan juga diberikan informasi tentang sejarah jamu dan tradisi herbal Jawa. 

HARIS SETYAWAN 

Baca: Ragam Kuliner Khas Tawangmangu yang Lezat dari Sate Kelinci hingga Landak

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://travel.tempo.co/read/1600931/rekomendasi-7-destinasi-wisata-tawangmangu-termasuk-herbal-tourism

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1600931/rekomendasi-7-destinasi-wisata-tawangmangu-termasuk-herbal-tourism
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Telegram,
ngos SEJUK,
topics wellness tourism,
fasums museum,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, KALIMANTAN BARAT,
cities Gunung, Karanganyar,
animals Monyet,