Cegah Penularan PMK, Karantina Sapi Pondok Ranggon Tutup Sementara

  • 12 Juni 2022 08:07:24
  • Views: 14

IDXChannel - Tempat karantina sapi di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, ditutup sementara karena khawatir merebaknya virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menerpa hewan ternak. 

Penutupan sementara sejumlah kandang sapi pada karantina tersebut diharapkan untuk mencegah tertularnya sapi sehat disana, pasalnya banyak sapi perah milik warga setempat yang dikarantina di lokasi tersebut. 

Kepala Unit Pelayanan Teknis Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan Ternak (UPT Pusyankeswannak) Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan mengatakan penutupan karantina sapi tersebut hanya dilakukan secara sementara. Menurut Renova, karantina tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk sapi potong saja, namun juga terdapat 30 ekor sapi perah.

“Penutupan sementara karantina sapi di Pondok Ranggon ini atas permintaan dari para petani sapi. Karena mereka khawatir sapi perah miliknya tertular PMK, ujar Renova dalam keterangan resmi, Sabtu (11/6/2022). 

Renova pun menuturkan, setiap tahun menjelang Idul Adha, peternak sapi perah dari sejumlah daerah menyerahkan sapinya ke karantina untuk dijual sebagai hewan kurban. Akan tetapi khusus tahun ini lantaran merebaknya PMK tersebut, peternak sapi perah itu bersepakat untuk urung mendatangkan sapinya ke karantina Pondok Ranggon. 

Mereka (peternak sapi perah) menyerahkan sapi perah menjelang lebaran haji sebagai pendapatan tambahan. Namun saat ini mereka tidak berani memasukkan sapi dari luar dan memiliih menutup karantina karena khawatir penyebaran PMK, lagipula karantina ini juga sebenarnya hanya untuk sapi perah saja, kata Renova. 

Sebelumnya, Pemerintah bergerak cepat menanggulangi virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Indonesia. Percepatan penanganan dilakukan untuk menjamin ketersediaan hewan kurban bagi masyarakat saat Hari Raya Idul Adha 1443 H pada Juli 2022 nanti. 


https://www.idxchannel.com/economics/cegah-penularan-pmk-karantina-sapi-pondok-ranggon-tutup-sementara

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/cegah-penularan-pmk-karantina-sapi-pondok-ranggon-tutup-sementara
Tokoh

Graph

Extracted

companies MNC,
topics haji,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
nations Australia, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Cipayung, Pondok Ranggon,
animals Sapi,