Penggunaan Data Statistik Selalu Meningkat

  • 12 Juni 2022 07:06:11
  • Views: 13

SEMARANG, KRJOGJA.com – Program Studi S1 Statistika Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar seminar “Implementasi Statistical Modelling untuk Mendukung Tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Bidang Kesehatan dan Lingkungan di kampus setempat, Kamis (9/6/2022).

Seminar dalam rangka milad ke-10 Himasta (Himpunan Mahasiswa Statistika) ini dibuka Dekan FMIPA Dr Eny Winaryati MPd dan Kaprodi S1 Statistika Indah Manfaati Nur SSi MSi serta diisi narasumber Prof Akhmad Fauzy SSi MSi PhD (dosen UII Yogyakarta, alumni S3 Malaysia.

Menurut Akhmad Fauzy, statistik diapaksi dalam tiap kehidupan manusia, bisa berupa teori, seni, ataupun teknologi.Statistik berupa seni bisa dilihat saat ada Pilkada atau Pilpres dimana para lembaga survey pada mengambil sampel yang berbeda beda, jumlah nya beda tetapi hasilnya pada sama.

Selain itu, masyarakat dalam menggunakan data statistik cenderung meningkat terus. Yang semula jenis data yang digunakan data kecil (small) akhirnya meningkat menjadi data besar (big data) bahkan sekarang menggunakan data sangat besar. Data yang sedikit (kecil) semakin dianggap semakin tidak menarik lagi.

“Sekarang data internet melimpah tetapi harus diperhatikan input data harus benar. Kalau input salah maka akan berpengaruh pada tahapan proses dan outputnya. Belajar statistik harus mengikuti rambu rambu sehingga tidak terjerumus ujar Akhmad Fauzy.

Selain itu, ujar Akhmad Fauzy, meskipun data melimpah tetapi harus tetap memakai data yang credibel. Sumber data harus kredibel misalnya dari instansi pemerintah, BUMN dan lain sebagainya. Kalau tidak kredibel, akan sangat berpengaruh pada proses yang lain. (Sgi)


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/penggunaan-data-statistik-selalu-meningkat/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/penggunaan-data-statistik-selalu-meningkat/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
organizations Muhammadiyah,
institutions UII,
events Pilkada Serentak,
nations Malaysia,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TENGAH,
cities Semarang, Yogyakarta,