Hyundai Luncurkan Layanan Taksi Tanpa Sopir di Korea Selatan

  • 12 Juni 2022 02:11:24
  • Views: 11

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, GANGNAM – Setelah dipamerkan dalam acara IAA Mobility di Munchen pada 2021 lalu, akhirnya layanan ride-hailing otonom RoboRide besutan Hyundai resmi mengaspal di Gangnam, Korea Selatan.

Dalam peluncurannya pada Kamis (9/6/2022), Hyundai Motor Group menghadirkan kendaraan listriknya yaitu Ioniq 5 yang telah dikembangkan menjadi layanan ride-hailing, menggunakan teknologi otonom level 4 sesuai standar Advanced Driving Support System (ADAS), mengutip dari Carscoops.

Di Hyundai Motor Group, kami sedang mengembangkan teknologi mengemudi otonom level 4 berdasarkan Advanced Driving Support System (ADAS) yang dikembangkan secara internal melalui produksi massal dan peluncuran komersial yang sukses, kata Woongjun Jang, kepala Hyundai Motor Group.

Baca juga: Produksi Kendaraan Hyundai Merosot 50 Persen karena Aksi Mogok Sopir Truk

Kerjasama peluncuran kendaraan ini telah lama direncanakan Hyundai dengan pemerintah metropolitan Gangnam, tepatnya pada tahun 2019 silam, dimana saat itu peneliti RoboRide telah mengumpulkan data pengujian otonom. Setelah semua selesai diinternalisasi barulah RoboRide Ioniq 5 resmi mengaspal di Gangnam.

Karena RoboRide masih dalam kategori proyek percontohan sehingga penggunaan dari layanan ini masih dibatasi, dimana masyarakat Gangnam hanya dapat memesan layanan kendaraan otonom RoboRide antara pukul 10 pagi hingga 4 sore, dengan kapasitas tiga penumpang.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kekacauan lalu lintas, mengingat RoboRide merupakan layanan ride-hailing tanpa pengemudi pertama yang ada di Gangnam.

Dalam peluncuran layanan otonom ini Hyundai tak sendiri pihaknya menggandeng Jin Mobility, sebuah startup yang mengoperasikan platform car-hailing bertenaga kecerdasan buatan i.M.

Baca juga: Hyundai Hentikan Produksi Mobil Listrik Ioniq Mulai Juli 2022

Respon positif yang ramai ditujukan ke Hyundai membuat pihaknya berencana untuk memperluas proyek percontohan RoboRide kepada masyarakat luas.

Hyundai berharap dengan hadirnya layanan percontohan RoboRide, dapat menjadi titik perubahan penting yang memungkinkan Hyundai untuk dapat menginternalisasi teknologi mengemudi otonom di masa depan.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/06/10/hyundai-luncurkan-layanan-taksi-tanpa-sopir-di-korea-selatan

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/06/10/hyundai-luncurkan-layanan-taksi-tanpa-sopir-di-korea-selatan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics Listrik,
products startup,
nations Korea Selatan,
transportations mobil listrik,
brands Hyundai,