MUI Sebut Jumlah Pengikut Khilafatul Muslimin Tak Lebih 500 Orang

  • 11 Juni 2022 20:09:15
  • Views: 5

Jakarta: Pengurus Harian Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makmun Rasyid menyebut saat ini jumlah anggota Khilafatul Muslimin di Indonesai mencapai ratusan orang. Jumlah ini masih terbilang kecil dibandingkan kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang mencapai jutaan orang.
 
Belum 20 persen dari pengikut HTI, kalau HTI itu sudah jutaan, sedangkan Khilafatul Muslimin didapat angka saat ini tapi belum mencapai 500 (orang), ujar ujar Makmun dalam webinar kebangsaan, Sabtu, 11 Juni 2022. 
 
Ia menambahkan jumlah anggota Khilafatul Muslimin terbanyak berada di Lampung dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun ia tidak memerinci banyaknya anggota kelompok yang hendak merubah ideologi Pancasila itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebetulan saya baru pulang dari NTB ada spanduk (Khilafatul Muslimin) dekat dengan polres sangat berdekatan. Di sinilah dibutuhkan ketegasan Polri dalam menindak dan mencegah lebih baik kita mencegah daripada terjadi sesuatu baru penindakan, tuturnya. 
 
Baca: MUI: Ideologi Khilafatul Muslimin Mirip HTI
 
Selain itu, Makmun mengungkap bahwa Khilafatul Muslimin memiliki sifat seperti HTI, memiliki jejaring internasional. Kelompok tersebut mendapatkan suntikan dana dari sejumlah negara. 
 
Selama ini Khilafatul Muslimin mendapat dukungan tidak hanya di Indonesia tetapi dari luar negeri, misalnya dari Malaysia yang paling dekat ya, karena ada jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang masih terhubung, bebernya.
 
Selain itu, dukungan untuk Khilafatul Muslimin datang dari Mesir, Arab Saudi, hingga Amerika. Makmun menjelaskan untuk memperoleh dana dari luar negeri, kelompok tersebut menjual identitasnya sebagai yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan.

 

(AGA)


https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/VNxoYvdK-mui-sebut-jumlah-pengikut-khilafatul-muslimin-tak-lebih-500-orang

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/VNxoYvdK-mui-sebut-jumlah-pengikut-khilafatul-muslimin-tak-lebih-500-orang
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
institutions MUI,
religions Islam,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Amerika Serikat, Arab Saudi, Indonesia, Malaysia, Mesir,
places DKI Jakarta, LAMPUNG, NUSA TENGGARA BARAT,