Yogya Yoga Festival Jadi Embrio Wellness Tourism

  • 11 Juni 2022 19:06:12
  • Views: 9

YOGYA, KRJOGJA.com – Setidaknya lebih dari 300-an peserta yang terdiri dari unsur ekosistem dunia usaha, industri, unsur ASN di lingkungan Pemda DIY, serta berbagai komunitas mengikuti Yogya Yoga Festival di Museum Benteng Vredeburg, Sabtu (11/6).

Festival yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY dan Yayasan Anand Ashram ini diharapkan menjadi embrio berkembangnya Wellness Tourism di DIY.

Wakil Ketua Umum Kadin DIY sekaligus Ketua Panitia Yogya Yoga Festival Iwan Susanto mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk mencapai kesehatan holistik dan kedamaian diri melalui Yoga dan meditasi. Terlebih pasca pandemi Covid-19 yang telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan dari dampak kecemasan, kekhawatiran dan gangguan kesehatan mental-emosional.

Banyak teman-teman Kadin bercerita background lokal yang melakukan meditasi, yoga, herbal dan sebagainya ada serta tersebar di nusantara. Jika local wisdom ini bisa diangkat menjadi wisata khasnya DIY kedepannya dengan berkolaborasi bersama, maka bisa menjadi daya tarik wisata baru yang sangat potensial bagi DIY, katanya.
Iwan.

Iwan mencontohkan negara yang sudah maju dan berhasil mengembangkan Wellness Tourism adalah India. Bahkan wisata spiritual kesehatan holistik ini sudah cukup kuat dan tengah menjadi tren di industri pariwisata internasional. Terlebih DIY memiliki potensi untuk mengembangkan Wellnes Tourism, namun perlu dikemas dan dikolaborasikan bersama.

“Yoga sebagai gaya hidup holistik tidak hanya sekedar latihan fisik semata.Yoga termasuk Meditasi untuk kedamaian mental, diet sehat, dan gaya hidup, penajam kecerdasan dan layanan tanpa pamrih melayani masyarakat, ujar Humanis Spiritual sekaligus penulis lebih dari 190 buku dan pendiri Anand Ashram, Anand Krishna.

Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho mewakili Pemda DIY menyampaikan Pemda sangat mendukung pelaksanaan Yogya Yoga Festival 2022 yang sebelumnya digelar terakhir pada 2018 lalu. Sebab terjadi kolaborasi positif antara Pemda dengan swasta, salah satunya dibarengi dengan pameran UMKM herbal dan organik Dinas Koperasi dan UKM DIY yang didukung Dana Keistimewaan (Danais) agar semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Kami mendukung pelaksanaan festival ini, tetapi jangan terlarut dalam euforia tetap harus hati-hati. Kegiatan ini sekaligus ikut mendukung pemulihan sektor ekonomi di DIY kedepannya yang semakin nyata. Yang perlu digaris bawahi adanya kolaborasi antara Pemda dan swasta itu tadi, tandasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menambahkan kolaborasi merupakan kunci dari penyelenggaraan Yogya Yoga Festival dan pameran Natural Herbal dan Organik demi mewujudkan kesehatan holistik. Butuh asupan yang mendukung terwujudnya kesehatan holistik sehingga hadirlah produk produk wellness seperti herbal dan organik.

Yogya Yoga Festival yang meliputi Yogya, talkshow inspiratif dan workshop meditasi ini diselenggarakan bertepatan dengan One Earth Yoga and Meditation Festival ke-14 dan International Day of Yoga ke-8 yang didukung Pemda DIY, Asosiasi Meditasi Aushadh Yoga Indonesia (AMAYI) dan RCI Centre.

Di saat bersamaan digelar pameran Natural Herbal dan Organik di Taman Pintar oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY pada 11 hingga 12 Juni 2022. Pelaksanaan festival ini merupakan tindak lanjut dari kesuksesan vaksinasi Kadin DIY yang ingin memulihkan mental dunia usaha menghadapi era normal pasca pandemi. (Ira)


https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/yogya-yoga-festival-jadi-embrio-wellness-tourism/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/yogya-yoga-festival-jadi-embrio-wellness-tourism/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
ministries ASN, Kadin,
topics wellness tourism,
events vaksinasi,
fasums museum,
products UMKM,
nations India, Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TENGAH,
cities Pati, Yogyakarta,
cases covid-19,