MUI: Khilafatul Muslimin Dapat Aliran Dana dari Malaysia hingga Amerika

  • 11 Juni 2022 18:09:54
  • Views: 6

Jakarta: Pengurus Harian Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makmun Rasyid menyebut Khilafatul Muslimin bersifat transnasional, yang artinya berjejaring dengan internasional. Kelompok tersebut mendapatkan suntikan dana dari sejumlah negara. 
 
Selama ini Khilafatul Muslimin mendapat dukungan tidak hanya di Indonesia tetapi dari luar negeri, misalnya dari Malaysia yang paling dekat ya, karena ada jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang masih terhubung, ujar Makmun dalam webinar kebangsaan, Sabtu, 11 Juni 2022. 
 
Selain itu, dukungan untuk Khilafatul Muslimin datang dari Mesir, Arab Saudi, hingga Amerika. Makmun menjelaskan untuk memperoleh dana dari luar negeri, kelompok tersebut menjual identitasnya sebagai yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inilah gerakan transnasional sama seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), terang dia.
 
Baca: Eks Pendiri NII: Khilafatul Muslimin NII Gaya Baru
 
Ia menekankan aparat kepolisian harus mengambil langkah tegas dalam menertibkan kelompok yang hendak mengubah ideologi Pancasila itu. Lebih baik kita mencegah daripada terjadi sesuatu, baru penindakan, jelas dia.
 
Sebelumnya, Polri tengah mendalami sumber aliran dana Khilafatul Muslimin. Salah satu aliran dana yang ditelusuri dugaan adanya pasokan luar kelompok Khilafatul Muslimin.
 
Terkait dengan sumber dana dari luar, apakah ada sumber dana dari luar yang mendukung untuk kegiatan organisasi Khilafatul Muslimin, ini masih kira tracing, ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat ditemui di kawasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis, 9 Juni 2022.
 

(LDS)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/ob34g0Pk-mui-khilafatul-muslimin-dapat-aliran-dana-dari-malaysia-hingga-amerika

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/ob34g0Pk-mui-khilafatul-muslimin-dapat-aliran-dana-dari-malaysia-hingga-amerika
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ahmad Ramadhan,
companies ADA, Dana,
ministries Mabes Polri, Polisi,
institutions MUI,
religions Islam,
events Ramadhan,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Amerika Serikat, Arab Saudi, Indonesia, Malaysia, Mesir,
places DKI Jakarta, Sumatera Utara,
cities Halim Perdana Kusuma,