BPBD DKI Minta Warga Waspadai Potensi Banjir Rob di 4 Wilayah Ini

  • 11 Juni 2022 13:04:05
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji meminta masyarakat mewaspadai potensi banjir rob di wilayah pesisir Ibu Kota. Lokasi yang perlu diwaspadai adalah Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir, kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Menurut Isnawa, bumi memasuki fase bulan purnama pada 11-17 Juni 2022. Kejadian ini berbarengan dengan jarak terdekat bulan ke bumi atau disebut Perigee.

Akibatnya, meningkatnya ketinggian pasang air laut maksimum berpotensi terjadi di wilayah pesisir Jakarta. Informasi ini Isnawa peroleh dari siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB).

Isnawa mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut. Dia berujar, warga dapat memantau informasi terkini ihwal gelombang air laut melalui situs bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112, ucap dia.

 


https://metro.tempo.co/read/1600736/bpbd-dki-minta-warga-waspadai-potensi-banjir-rob-di-4-wilayah-ini

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1600736/bpbd-dki-minta-warga-waspadai-potensi-banjir-rob-di-4-wilayah-ini
Tokoh



Graph

Extracted

persons Isnawa Adji,
ministries BMKG, BPBD,
topics Banjir, Banjir ob,
events Ramadhan,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Angke, Kepulauan Seribu, Pademangan, Penjaringan, Tanjung Priok,