Lulus Pendidikan FBI, Polisi Indonesia Ini Siap Kembali Bertugas

  • 11 Juni 2022 12:58:15
  • Views: 12

JAKARTA - Malvino Edward Yusticia Sitohang menjadi satu dari 254 polisi yang merayakan kelulusan Akademi Nasional FBI Amerika Serikat, Kamis (9/6/22) waktu setempat. Anggota Polri berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) tersebut, diketahui merupakan Kepala Unit Kejahatan Terorganisir Subdit Kejahatan Antar Wilayah, Bareskrim Mabes Polri.

FBI National Academy Session 282 mencatat Malvino sebagai satu-satunya peserta didik yang mewakili Kepolisian Indonesia. FBI National Academy Session 282 pada tahun ini sudah diikuti kembali oleh perwakilan berbagai negara. Kami meyakini bahwa anda semua merupakan perwakilan terbaik dari negara anda, ucap Director FBI Christopher Wray, dikutip dari siaran langsung FBI National Academy melalui kanal Youtube resminya.

Pendidikan ini juga, lanjut Wray, diharapkan mampu mengatasi permasalahan keamanan yang khas di negara masing-masing. Tentu saja tidak menutup kemungkinan kedepan ada kerja sama jika ancaman keamanan itu terjadi secara lintas negara, jelasnya.

Berdasarkan penelusuran Tim Media, kiprah Malvino Sitohang di kepolisian tercatat baik dalam menangani kejahatan internasional, khususnya dalam bidang pemberantasan narkoba. Bahkan, ia pernah mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari AKP ke Kompol, sebagai penghargaan dalam pengungkapan narkoba jenis sabu sebanyak 1 Ton jaringan China - Taiwan pada Tahun 2017.

Prestasi yang sudah diraih alumni Akpol 2006 ini terus berlanjut, tercatat beberapa kejahatan narkoba berskala internasional terus diungkap Tim Khusus yang didalamnya terdapat Malvino. Seperti, pengungkapan narkoba jenis sabu sebanyak 800 kg di Banten pada Tahun 2020, sabu sebanyak 200 kg di Petamburan, Jakarta Pusat pada tahun 2020. Bahkan, saat ia tengah menjalani pendidikan Sespimmen Polri, ia tetap berdedikasi mengungkap penyelundupan sabu sebanyak 1,2 ton di Aceh pada bulan April 2021.

Ayah dari 3 putrinya ini menyelesaikan pendidikan S2 di bidang Strategic Studies di Victoria University of Wellington, New Zealand. Selain pengungkapan kejahatan narkoba, ia juga pernah mengungkap kasus penipuan yang dilakukan sindikat China - Taiwan yang modusnya dilakukan dengan kedok Aparat Penegak Hukum. Para korban menderita kerugian ratusan miliar rupiah.

Betul, saya mengikuti FBI National Academy selama 3 bulan yang berlokasi di Pusat Pendidikan FBI yang berada di Quantico, Virginia, Amerika Serikat, balas Malvino kepada media melalui pesan aplikasi.

Dengan berakhirnya pendidikan yang ditempuh, jelas Malvino, ia berharap akan dapat memberikan kontribusi lebih baik lagi saat berdinas kembali di Polri. Saya berkomitmen untuk mendedikasikan waktu, tenaga serta pikiran untuk mengatasi ancaman kejahatan yang terus meningkat, pungkasnya.

Sebagai informasi, Federal Bureau of Investigation (FBI) adalah Lembaga Penegakan Hukum Amerika Serikat yang bersifat Federal. Memiliki tugas dalam penanganan kejahatan berskala tinggi. Biro ini juga sangat aktif dalam memberikan asistensi terhadap negara-negara lain dalam menangani kejahatan yang dihadapi.

Dikenal secara internasional karena keunggulan akademiknya, FBI National Academy menawarkan sepuluh minggu pelatihan baik secara komunikasi, kepemimpinan, akademik, dan juga latihan kebugaran fisik tingkat lanjut. Peserta harus memiliki catatan yang terbukti sebagai profesional dalam lembaga mereka untuk hadir. Rata-rata, para petugas ini memiliki pengalaman penegakan hukum selama 21 tahun dan biasanya kembali ke lembaga mereka untuk menjabat di posisi tingkat eksekutif.

Dalam acara wisuda yang digelar pada Hari Kamis, 9 Juni 2022 Pukul 10.00 pagi waktu setempat, Direktur FBI Christopher Wray berkesempatan untuk menyampaikan sambutan secara langsung pada upacara tersebut. Sebanyak 53.435 lulusan telah menyelesaikan Akademi Nasional FBI sejak dimulai pada tahun 1935. Akademi Nasional diadakan di Akademi Pelatihan FBI di Quantico, fasilitas yang sama di mana FBI melatih agen khusus dan analis intelijen.

Sampai saat ini, FBI National Academy sudah memiliki hampir 16.000 Alumni yang mewakili seluruh 50 negara bagian di Amerika Serikat, 8.200 lembaga penegak hukum, dan 194 Negara di seluruh dunia.***


https://www.gonews.co/berita/baca/2022/06/10/lulus-pendidikan-fbi-polisi-indonesia-ini-siap-kembali-bertugas

Sumber: https://www.gonews.co/berita/baca/2022/06/10/lulus-pendidikan-fbi-polisi-indonesia-ini-siap-kembali-bertugas
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, YouTube,
ministries FBI, Mabes Polri, Polisi,
fasums Bareskrim Mabes Polri,
products sabu,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Republik Rakyat Cina, Taiwan,
places Aceh, BANTEN, DKI Jakarta, rupiah,
cities Petamburan, Wellington,
cases Narkoba,
musicclubs APRIL,