Gedung Wayang Orang Bharata Senen akan Direnovasi

  • 11 Juni 2022 12:44:10
  • Views: 6

KBRN, Jakarta: Pemprov Jakarta akan merenovasi Gedung Wayang Orang Bharata di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, dengan anggaran sebesar Rp7 miliar. Adapun sumber pendanaan tersebut berasal dari APBD DKI Jakarta tahun 2022.

Jadi nanti kita dukung renovasinya. Nanti dialokasikan sekitar tujuh miliar untuk bisa membangun tempat ini lagi, ungkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat berkunjung ke Gedung Pertunjukan Wayang Orang Bharata, Kamis (9/6/2022).

Anies mengungkap renovasi dilakukan guna mendukung upaya pelestarian budaya yang secara konsisten dilakukan oleh komunitas Wayang Orang Bharata. Sebab, menurutnya, tak banyak tontonan yang dapat memberikan tuntunan seperti seni yang dibawakan di Gedung Wayang Orang Bharata.

Kekuatan dari wayang, baik itu kulit maupun wayang orang, ini adalah ada banyak aktor di situ. Aktor, karakter dan kita ditunjukkan berbagai macam jenis karakter yang kita bisa membaca masing-masing karakter itu dan lalu mbatin, 'saya pengen jadi karakter yang mana ya'. Saya ini sambil nonton itu mikir, saya mau jadi karakter yang seperti ini atau yang seperti itu ya, jelasnya.

Anies menegaskan kegiatan kebudayaan seperti ini tidak dapat diserahkan begitu saja kepada mekanisme pasar, tetapi negara harus hadir, membantu, dan mengayominya.

Ia berharap Gedung Wayang Orang Bharata baru nanti dapat menjadi salah satu rujukan kegiatan masyarakat di Jakarta, terutama para keluarga yang kini tidak memiliki banyak pilihan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ketika libur tiba.

Banyak sekali keluarga yang hari ini mencari, sesungguhnya kemana ya saya bisa mengajak anak-anak kita untuk memanfaatkan masa longgar, termasuk libur, katanya.

Proses renovasi akan dimulai pada Agustus dan ditargetkan pekerjaan rampung selama kurun 4 bulan. Sepanjang renovasi para seniman yang berkegiatan di gedung ini akan dicarikan tempat alternatif, salah satunya adalah Taman Ismail Marzuki (TIM).


https://rri.co.id/daerah/1488394/gedung-wayang-orang-bharata-senen-akan-direnovasi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/daerah/1488394/gedung-wayang-orang-bharata-senen-akan-direnovasi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies ADA,
topics APBD DKI,
fasums Taman Ismail Marzuki,
places DKI Jakarta,
cities Senen,