Pergerakan Khilafatul Muslimin di Kalimantan dan Sulawesi Diusut

  • 11 Juni 2022 12:09:44
  • Views: 14

Jakarta: Polri menyebut kelompok  Khilafatul Muslimin memiliki puluhan kantor wilayah di Indonesia. Saat ini, pihaknya tengah menelusuri pergerakan kelompok yang hendak merubah ideologi Pancasila itu di luar Pulau Jawa. 
 
Dari pulau lain Kalimantan dan Sulawesi, itu masih juga didalami temen-temen (Polri), ujar Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Sabtu, 11 Juni 2022. 
 
Dedi menyebut saat ini diketahui Khilafatul Muslimin memiliki 23 kantor wilayah. Namun, Dedi belum dapat merinci daerah yang dijadikan wilayah operasi dari kelompok tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada 23 kantor wilayah itu lagi didalami oleh teman-teman baik dari polres, polda, termasuk backup dari Mabes Polri dan Densus 88, terang dia.
 
Selain itu, Korps Bhayangkara telah memetakan aksi yang dilakukan Khilafatul Muslimin di berbagai daerah. Hasil pendalaman itu akan dikoordinasikan dengan polda dan polres untuk melakukan langkah lebih lanjut.
 
Melakukan pendalaman sejauh mana keterlibatan kelompok dalam rangka menyebarkan paham-paham yang bertentangan dengan undang-undang termasuk tindakan-tindakan lain yang membuat suatu kegaduhan di masyarakat, jelas dia.
 
Baca: 3 Orang Ditangkap Lantaran Terlibat Kelompok Khilafatul Muslimin di Kota Cimahi
 
Sebelumnya, konvoi motor Khilafatul Muslimin Indonesia menggegerkan warga Brebes, Jawa Tengah. Sejumlah pengendara motor membawa bendera yang mengatribusikan sebagai gerakan khilafah melaju keliling Desa Keboledan-Wanasari-Brebes.
 
Aksi serupa juga terjadi di Cawang, Jakarta Timur, pukul 09.14 WIB pada Minggu, 29 Mei 2022. Konvoi motor itu membawa atribut berupa poster dan bendera bertuliskan 'Khilafatul Muslimin'. Aksi itu viral di media sosial. Terlihat para pemotor melintas dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau. 
 

(LDS)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/ZkevGzvK-pergerakan-khilafatul-muslimin-di-kalimantan-dan-sulawesi-diusut

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/ZkevGzvK-pergerakan-khilafatul-muslimin-di-kalimantan-dan-sulawesi-diusut
Tokoh



Graph

Extracted

persons Dedi Prasetyo,
companies ADA,
ministries Densus 88, Mabes Polri,
religions Islam,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Brebes, Cawang, Cimahi, Depok, Kelapa Dua,