Pelatih Jerman Mengeluh Padatnya Jadwal UEFA Nations League

  • 11 Juni 2022 12:03:23
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Pelatih tim nasional Jerman Hansi Flick setuju saat diminta pendapatnya soal padatnya jadwal UEFA Nations League 2022-2023 pada Juni ini. Sebab, ada sejumlah pemain yang baru saja menyelesaikan musim yang panjang bersama klub masing-masing.

Sepanjang Juni ini, Timnas Jerman sudah dua kali bermain imbang saat melawan Italia pada Sabtu, 4 Juni dan Inggris tiga hari kemudian. Mereka masih menyisakan dua laga lain di Grup A3 dengan bertemu Hongaria di Budapest pada Sabtu, 11 Juni dan kembali melawan Italia tiga hari berikutnya. 

Saya setuju dengan pendapat itu. Empat pertandingan terlalu banyak setelah musim yang panjang. Anda harus menghitungnya sebagai jadwal dua tahun, ujar Flick menjawab pertanyaan wartawan soal beban para pemain. 

Mantan pelatih Bayern Munchen ini mengatakan pandemi Covid-19 memberi dampak banyak jadwal pertandingan menjadi bertumpuk. Bisa-bisa kami merasakan jadwal pekan ala (Liga) Inggris (dua pertandingan sepekan), kata Flick.

Kepadatan jadwal itu, menurut Flick, membuat para pemainnya nyaris tak punya waktu beristirahat. Bahkan hingga menjelang putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar yang dijadwalkan bergulir pada November nanti.

Rasanya hampir tidak ada persiapan pramusim (bagi klub). Kemudian Bundesliga berjalan dan Liga Champions. Mereka terus bertanding tiga atau empat hari sekali hingga Piala Dunia nanti, tuturnya. 

Musim baru Bundesliga Jerman 2022-2023 dijadwalkan bergulir mulai 5 Agustus nanti. Sedangkan Liga Champions yang diikuti empat klub Jerman akan berlangsung sejak 6 atau 7 September 2022.

Sebelum Timnas Jerman berangkat ke Piala Dunia 2022 pada 21 November, Timo Werner dan kawan-kawan memiliki jadwal sisa pertandingan grup UEFA Nations League dengan bertemu Hungaria. Mereka dijadwalkan bermain pada pada 23 September yang dilanjutkan melawan Inggris tiga hari berselang.

Ini harus menjadi perhatian dan kita semua perlu bertanya ke diri sendiri bagaimana memberi kesempatan pemain beristirahat. Sesuatu yang teramat penting, ujar Flick.

Ia mengingatkan UEFA atau FIFA harus memperhatikan soal itu dan mengambil langkah penting. Saat ini, Timnas Jerman dituntut menyiapkan laga di UEFA Nations League. 

Kondisi itu, menurut Flick bisa diterima walau berat bagi para pemain. Fokus kami sekarang bagaimana mempersiapkan penampilan bagus di Piala Dunia November nanti, kata dia.

Target itu wajar. Sebab Timnas Jerman tampil di luar perkiraan setelah gagal lolos dari fase penyisihan grup Piala Dunia 2018 di Rusia. Bersama Hansi Flick, Jerman punya catatan bagus dengan merebut 8 kemenangan dan 3 hasil imbang. 

Baca: UEFA Nations League: Prediksi Inggris vs Italia Main Sabtu Malam Ini


https://bola.tempo.co/read/1600711/pelatih-jerman-mengeluh-padatnya-jadwal-uefa-nations-league

Sumber: https://bola.tempo.co/read/1600711/pelatih-jerman-mengeluh-padatnya-jadwal-uefa-nations-league
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hansi Flick,
companies ADA, Instagram,
ministries FIFA,
organizations UEFA,
events Liga Champions, Piala Dunia 2022,
nations Hongaria, Inggris, Italia, Jerman, Rusia,
places DKI Jakarta,
cities Budapest,