Warga Pesisir Jakarta Diminta Waspadai Banjir Rob Sepekan ke Depan

  • 11 Juni 2022 11:54:03
  • Views: 4

Jakarta -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini banjir rob pesisir DKI Jakarta pada 11-17 Juni 2022. Warga di wilayah pesisir Jakarta diminta waspada.

Hal ini disampaikan oleh BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitternya, @BPBDJakarta, pada Jumat (10/6). Kondisi ini disebabkan fase bulan purnama yang bersamaan dengan jarak terdekat bulan ke bumi (perigee).

(Kondisi ini) Menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB), kata @BPBDJakarta seperti dilihat Sabtu (11/6/2022).

BPBD menyampaikan pasang air laut maksimum terjadi pada pukul 20.00-24.00 WIB. Berikut empat wilayah pesisir yang berpotensi terdampak banjir rob:
1. Pademangan
2. Penjaringan
3. Pelabuhan Sunda Kelapa
4. Kepulauan Seribu

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat menyiapkan langkah antisipasi. Di antaranya memantau peringatan dini gelombang pasang melalui situs bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut, mengunduh buku panduan kesiapsiagaan, serta melaporkan bila terjadi potensi genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI.

(jbr/bar)

https://news.detik.com/berita/d-6121778/warga-pesisir-jakarta-diminta-waspadai-banjir-rob-sepekan-ke-depan

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6121778/warga-pesisir-jakarta-diminta-waspadai-banjir-rob-sepekan-ke-depan
Tokoh

Graph

Extracted

companies Twitter,
ministries BMKG, BPBD, BPBD DKI Jakarta,
topics Banjir, Banjir ob,
places DKI Jakarta,
cities Angke, Kepulauan Seribu, Pademangan, Penjaringan,