Menkominfo Ajak Semua Pihak Jaga Ruang Digital

  • 11 Juni 2022 10:59:58
  • Views: 7

Cyberthreat.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh pihak untuk menjaga ruang digital Indonesia agar memiliki manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebutkan, pemerintah Indonesia membangun dan menggelar infrastruktur digital hingga ke daerah pelosok bukan tanpa tujuan. Pemerintah membangun infrastruktur digital tersebut agar semua masyarakat bisa memanfaatkan internet untuk kesejahteraannya.

“Membangun dan menggelar infrastruktur digital bukan tanpa maksud, hal itu dimaksudkan demi kejayaan Indonesia dan demi kesejahteraan masyarakat, ujar Johnny dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (10 Juni 2022).

Johnny mengatakan, upaya untuk menjaga ruang digital tidak bisa dilakukan Pemerintah sendiri. Melainkan perlu kerja sama dengan dengan semua pihak agar bisa mewujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju.

Saat ini, pihaknya telah menyiapkan tiga surveillance system berlapis. Pertama pusat monitoring telekomunikasi Kominfo yang memonitor bandwidth quality of service dan quality of experience di seluruh Indonesia.

“Kedua, surveillance system BLU BAKTI Kominfo, dan yang ketiga melalui cyber drone Ditjen Aptika beroperasi penuh memantau kondisi ruang digital Indonesia, sebut Johnny.

Johnny menjelaskan pusat monitoring telekomunikasi Kominfo yang dikelola melalui Direktorat jenderal Pengendalian Pos dan Informatika berfungsi untuk mengetahui apabila masih terdapat blankspot sinyal di suatu wilayah. Pihaknya juga telah menyiapkan supervisory control system, untuk memudahkan koordinasi dengan operator seluler, pusat monitoring layanan telekomunkasi juga berfungsi untuk melakukan pengukuran jaringan seluler.

“Dengan adanya pusat monitoring tersebut, saya yakin kami lebih mudah untuk dapat memantau kualitas jaringan dan layanan telekomunikasi di seluruh Indonesia, kata dia.

Johnny menyatakan, untuk memantau infrastruktur digital baik fiber optic, microwave link, Base Transceiver Station (BTS) maupun layanan akses internet dari satelit, Kementerian Kominfo dapat memonitor melalui surveillance system BLU BAKTI Kominfo. Surveillance system BLU BAKTI Kominfo juga sudah beroperasi penuh untuk melakukan surveillance atas backbone jaringan fiber optic di darat dan di laut, monitoring akses internet, termasuk penggunaan satelit di mana saja akses internet disediakan.

Bahkan, Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan cyber drone yang sudah lebih advance untuk menjaga dan memberikan layanan ruang digital agar tetap baik. 

“Saya memberikan tindakan-tindakan yang tegas terhadap semua kegiatan ilegal di bidang apa saja, secara khusus yang berkaitan dengan narkotika, apalagi pornografi pada anak, kami takedown, dan sudah ada jutaan akun-akun yang diblokir, baik alphabet maupun numerical, tutup Johnny.


https://cyberthreat.id/read/14091/Menkominfo-Ajak-Semua-Pihak-Jaga-Ruang-Digital

Sumber: https://cyberthreat.id/read/14091/Menkominfo-Ajak-Semua-Pihak-Jaga-Ruang-Digital
Tokoh



Graph

Extracted

persons Johnny G. Plate,
companies ADA,
ministries Kemenkominfo,
products Narkotika,
nations Indonesia,
musicclubs BTS,