Diusul Bubar oleh MAKI, KPK Singgung Kasus Bupati Nonaktif Banjarnegara

  • 11 Juni 2022 10:24:00
  • Views: 6

Jakarta -

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mengaku setuju atas wacana pembubaran KPK yang awalnya dikatakan oleh mantan pegawai KPK Rasamala Aritonang. KPK menilai argumentasi yang dilontarkan MAKI begitu dangkal.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri merespons sarkas dengan menyinggung soal perkara Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono yang sedang ditangani pihaknya. Diketahui, Koordinator MAKI Boyamin Saiman pernah diperiksa terkait kasus ini.

Biasanya Boyamin Saiman cerdas dengan argumentasinya. Kali ini kami nilai beda. Namun kami sangat yakin bukan karena KPK saat ini sedang menangani perkara Bupati Banjarnegara sehingga Boyamin Saiman menarasikan opini dengan argumentasi yang begitu dangkal tersebut, kata Ali saat dikonfirmasi, Sabtu (11/6/2022).

Ali mengatakan KPK tidak berpengaruh atas usulan-usulan tersebut. Pihaknya juga menegaskan bahwa penyidikan kasus TPPU Budhi Sarwono masih berlanjut, walau dia sudah dinyatakan bersalah oleh hakim pengadilan.

KPK tentu tidak terpengaruh dengan opininya, kami terus bekerja yang terbaik, bersama masyarakat berikhtiar menurunkan angka korupsi. Perkara Banjarnegara dengan terdakwa Budhi Sarwono kami lanjutkan, kata Ali.

Terdakwa telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan, sekalipun masih ada peluang melakukan upaya hukum. Penyidikan TPPU dengan tersangka BS juga tidak berhenti. Kami juga terus kembangkan perkara dimaksud. Perkembangannya akan kami sampaikan, sambungnya.

Lebih lanjut, Ali mengatakan bahwa KPK terbuka atas kritik dari mana pun. KPK mengapresiasi soal hasil survei yang dirilis, dan akan dijadikan introspeksi ke depannya agar lebih baik.

KPK apresiasi hasil survei sebagai bagian peran masyarakat. Kami jadikan bahan introspeksi dan masukan positif bagi perbaikan internal KPK, ujarnya.

KPK Periksa Boyamin

KPK telah memeriksa Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman terkait kasus TPPU Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono. KPK mengkonfirmasi Boyamin soal aktivitas PT Bumi Rejo, yang terkait dengan Budhi.

Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait kedudukan dan kewenangan saksi sebagai Direktur PT Bumi Rejo. Di samping itu didalami pula pengetahuan saksi mengenai aktivitas operasional PT Bumi Rejo diantaranya soal keuangan perusahaan, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (18/5).

Boyamin diperiksa pada Selasa (17/5) di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Dia diperiksa untuk tersangka Budhi dkk.

Simak di halaman selanjutnya..


https://news.detik.com/berita/d-6121685/diusul-bubar-oleh-maki-kpk-singgung-kasus-bupati-nonaktif-banjarnegara

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6121685/diusul-bubar-oleh-maki-kpk-singgung-kasus-bupati-nonaktif-banjarnegara
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ali Fikri, Boyamin Saiman,
companies ADA,
ministries KPK,
ngos MAKI,
events Ramadhan,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Banjarnegara,
cases korupsi,